Pengembangan lembar kegiatan siswa untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan menulis ilmiah / Muhammad Faidullah Muhlisi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan siswa untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan menulis ilmiah / Muhammad Faidullah Muhlisi

Muhlisi, Muhammad Faidullah (2016) Pengembangan lembar kegiatan siswa untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan menulis ilmiah / Muhammad Faidullah Muhlisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhlisi Muhammad Faidullah. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Menulis Ilmiah. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hadi Suwono M.Si. (2) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci lembar kegiatan siswa memecahkan masalah menulis ilmiah. Salah satu tujuan belajar biologi adalah agar siswa memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sebagai sarana siswa untuk mengasah penalaran yang cermat logis kritis dan kreatif. Kemampuan memecahkan masalah sangat penting untuk dimiliki seseorang sebagai bekal kehidupan di masa mendatang dimana dunia yang semakin global menuntut seseorang terampil untuk mengatasi segala problematika yang mungkin dialami. Kemampuan memecahkan masalah sebenarnya dapat dilatih oleh guru kepada siswa berupa tulisan ilmiah. Menulis ilmiah diartikan sebagai karya ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Memecahkan suatu permasalahan dan menulis ilmiah dapat dilakukan menggunakan bahan ajar yang berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan menulis ilmiah. Penelitian ini mengadopsi model Penelitian Pengembangan Thiagarajan 4D. Uji validasi dilakukan oleh validator ahli materi ahli media dan guru lapangan sedangkan uji lapangan dilakukan terhadap siswa kelas X IIS 1 MAN Trenggalek pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh selama uji lapangan dikumpulkan dan dianalisis menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator penilaian LKS menurut ahli media guru lapangan dan materi rata-rata berkriteria baik. Sedangkan menurut siswa rata-rata berkriteria sangat baik. Hasil pretes-postes kemampuan kognitif siswa menunjukkan gain score sebesar 0 75 yang berarti tinggi hasil tugas memecahkan masalah kedua dan pertama menunjukkan gain score sebesar 0 86 yang berarti tinggi hasil tugas kemampuan menulis ilmiah kedua dan pertama menunjukkan gain score sebesar 0 70 yang berarti tinggi. Sebanyak 3 siswa kelas X IIS 1 MAN Trenggalek memberikan penilaian baik dan 28 siswa memberikan penilaian sangat baik terhadap LKS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa LKS yang dihasilkan valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item