Nurjanah, Sofiya (2016) Pengembangan modul materi zat aditif dan zat adiktif dengan pendekatan kontekstual untuk kelas VIII di SMPN 2 Poncokusumo Malang / Sofiya Nurjanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurjanah Sofiya. 2015. Pengembangan Modul Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kelas VIII di SMPN 2 Poncokusumo Malang.Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. (2) Ir. Nugrahaningsih M.P. Kata kunci zat aditif zat adiktif penelitian pengembangan modul pendekatan kontekstual Materi zat aditif membahas tentang bahan tambahan makanan sedangkan zat adiktif membahas tentang zat yang mengakibatkan kecanduan seperti narkotika psikotropika dan zat adiktif lain (NARKOBA). Permasalahan mengenai materi tersebut yang ditemukan di SMPN 2 Poncokusumo Malang adalah kurangnya motivasi siswa dalam mempelajari materi akibat dari penyajian materi yang kurang menarik sehingga mendorong siswa untuk menghafal. Kurangnya motivasi belajar mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa akan pengetahuan tentang bahaya zat aditif dan zat adiktif. Tujuan penelitian adalah mengembangkan modul zat aditif dan zat adiktif dengan pendekatan kontekstual untuk kelas VIII di SMPN 2 Poncokusumo. Diharapkan modul yang disusun dapat menyediakan alternatif bahan pembelajaran yang mampu menjadi acuan penerapan pembelajaran kontekstual khususnya pada materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian dilakukan dalam rangka penulisan skripsi di Jurusan Biologi FMIPA UM. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D (Define Design Develop and Disseminate) oleh Thiagarajan. Hasil validasi modul oleh validator ahli materi dari Jurusan Biologi FMIPA UM menunjukkan persentase kriteria validitas sebesar 91 52%. Rata-rata hasil validasi modul oleh ahli pengembangan Jurusan Biologi FMIPA UM dan praktisi lapangan dari SMPN 2 Poncokusumo menunjukkan persentase kriteria validitas sebesar 90 42%. Rata-rata hasil validasi oleh 15 siswa kelas IX SMPN 2 Poncokusumo sebesar 80 29%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa modul memiliki persentase kriteria validitas sangat valid sehingga tidak membutuhkan revisi secara mendasar. Tahap Penyebaran dilakukan pada kegiatan Seminar Nasional Ke 2 Biologi yang diadakan oleh Jurusan Biologi FMIPA UM pada Oktober 2015. Diharapkan modul yang disusun dapat menyediakan alternatif bahan pembelajaran yang mampu menjadi acuan penerapan pembelajaran kontekstual khususnya pada materi zat aditif dan zat adiktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25076 |
Actions (login required)
View Item |