Penerapan model pembelajaran cooperative script dengan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII G semester II SMP Negeri 15 Malang / Wina Diah Permana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script dengan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII G semester II SMP Negeri 15 Malang / Wina Diah Permana Putri

Putri, Wina Diah Permana (2016) Penerapan model pembelajaran cooperative script dengan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII G semester II SMP Negeri 15 Malang / Wina Diah Permana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Wina Diah Permana. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII G Semester II SMP Negeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. (II) Dr. Endang Suarsini M. Ked. Kata Kunci Cooperatve Script Media Audio Visual Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII-G SMP Negeri 15 Malang ditemukan beberapa masalah yakni 1) siswa terlihat tidak aktif dikelas 2) siswa terlihat bosan dengan pembelajaran yang dilakukan di kelas 3) pembelajaran hanya terpaku pada buku paket saja 4) banyak siswa yang tidak mendengarkan guru di kelas dan 5) hasil belajar pengetahuan siswa masih rendah ketuntasan klasikalnya yakni sebesar 45 16%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIIG SMP Negeri 15 Malang melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dengan media audio visual. Desain penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 30 April 2015 sampai dengan tanggal 28 Mei 2015. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran catatan lapangan lembar observasi sikap siswa lembar observasi keterampilan siswa dan tes akhir siklus. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 15 Malang. Ketercapaian tindakan oleh guru pada siklus I adalah 82 81% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96 33%. Hasil belajar pengetahuan siswa pada pra-penelitian sebesar 45 16% setelah diterapkan penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dengan media audio visual mengalami peningkatan menjadi 67 74% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87 09%. Hasil belajar sikap sosial siswa pada siklus I sebesar 67 74% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80 64%. Hasil rata-rata belajar sikap spiritual siswa pada siklus I sebesar 75 dan pada siklus II meningkat menjadi 77. Hasil belajar keterampilan siswa pada siklus I sebesar 54 83% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87 09%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-G SMP Negeri 15 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru lebih memperhatikan alokasi waktu yang digunakan agar pembelajaran berlangsung secara efisien dan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu variasi model pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25075

Actions (login required)

View Item View Item