Perkembangan moral anak muda dalam organisasi Derakan Pemuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang / Priskila Fainsenem - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan moral anak muda dalam organisasi Derakan Pemuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang / Priskila Fainsenem

Fainsenem, Priskila (2016) Perkembangan moral anak muda dalam organisasi Derakan Pemuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang / Priskila Fainsenem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fainsenem Priskila. 2015. Perkembangan Moral Anak Muda dalam Organisasi Gerakan Pemuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang. Skripsi Program Studi PPKn JurusanHukumdanKewarganegaraan FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Margono M.Pd M.Si (II) Rusdianto Umar S.H M.Hum. Kata Kunci perkembangan moral gerakan pemudaGPIB. Moral adalah tentang baik dan buruknya suatu perbuatan. Moral kognitif berhubungan dengan pengertian akan moral dan kemampuan individu dalam memecahkan masalah tentang dilema moral yang dihadapinya. Dalam perkembangannya moral kognitif berkembang melalui struktur tingkatan tahapan. Tahapan tersebut dilalui dengan cara yang sistematis dan tidak meloncat dari tahapan di depannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan perkembangan moral yang berkembang dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang (2) menjelaskan faktor yang menyebabkan perkembangan moral anak muda dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian deskriptif ini peneliti berusaha untuk menjelaskan bagaiman perkembangan moralanak muda dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang. Melalui jenis penelitian ini data yang telah terkumpul berupa hasil dari wawancara tentang dilema moral yang disusun secara sistematis akurat dan faktual. Hal tersebut untuk memberikan penjelasan secara terperinci dan sesuai dengan keadaan yang sesuai dengan perkembangan moral anak muda dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang tanpa adanya rekayasa. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) perkembangan moral anak muda dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang berada pada tiga tahap yaitu pada orientasi menjadi anak baik orientasi hukum dan ketertiban serta orientasi kontrak sosial legalistis. Dari sepuluh informan satu informan berada pada tahap ketiga yaitu orientasi menjadi anak baik enam informan berada pada tahap keempat yaitu orientasi hukum dan ketertiban dan tiga informan berada pada tahap kelima yaitu orientasi kontrak sosial legalistis Berdasarkan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa perkembangan moral anak muda dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang yang paling dominan adalah pada tahapkeempat. Sangatlah dibutuhkan kerjasama dari masing-masing pihak untuk meningkatkan perkembangan moral anak dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang. Dan faktor yang menyebabkan perkembangan moral anak muda dalam organisasi Gerakan Permuda (GP) di GPIB Sejahtera Malang adalah faktor dari dirinya sendiri dan faktor dari luar seperti lingkungan kerja sekolah dan masyarakat.Saran bagi anak muda di GPIB Sejahtera Malah adalah diharapkan perkembangan moral mereka dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item View Item