Pengaruh model pembelajaran Inkuiri dipadu dengan Stad terhadap keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Dwi Rahmahwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Inkuiri dipadu dengan Stad terhadap keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Dwi Rahmahwati

Rahmahwati, Dwi (2015) Pengaruh model pembelajaran Inkuiri dipadu dengan Stad terhadap keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Dwi Rahmahwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmahwati Dwi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dipadu dengan STAD terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (2) Nuning Wulandari S.Si. M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Inkuiri dipadu STAD inkuiri terbimbing keterampilan proses hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan model pembelajaran inkuiri dipadu STAD dengan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses siswa pada mata pelajaran IPA terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Malang 2) perbedaan model pembelajaran inkuiri dipadu STAD dengan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil observasi keterampilan proses siswa masih tergolong rendah. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan siswa dalam melakukan penyelidikan. Pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang berpusat pada siswa dan membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran dari guru yang berpusat pada siswa dan menjadikannya bermakna. Salah satunya dengan model pembelajaran inkuiri dipadu STAD yang melatihkan siswa untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari melalui penyelidikan dengan proses tutor sebaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran. Variabel terikat adalah keterampilan proses dan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII SMP Negeri 08. Pengambilan sampel dilakukan dengan menguji kesetaraan anava dari nilai Ulangan Harian. Dua kelas yang setara adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melaksanakan pretes dan posttes di awal dan di akhir penelitian serta observasi keterampilan proses selama pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik (analisis kovarian dan analisis perbandingan uji T) menggunakan program SPSS for Ms Window 1 6. Hasil uji prasyarat dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan Levene s Test menunjukkan data hasil belajar dan keterampilan proses terdistribusi normal dan kedua kelas memiliki varian yang sama. Uji hipotesis dengan menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05) menggunakan data skor pretes posttes dan keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran inkuiri dipadu STAD dengan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses siswa pada mata pelajaran IPA terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dan 2) terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran inkuiri dipadu STAD dengan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Pembelajaran dengan model inkuiri dipadu STAD dapat meningkatkan keterampilan proses maupun hasil belajar siswa dengan baik apabila dilaksanakan sesuai sintaks yang direncanakan. Pada saat pembentukan kelompok perlu diperhatikan heterogenitas siswa mulai dari kemampuan rendah sedang dan tinggi. Hal ini akan berpengaruh terhadap keefektifan proses kooperatif yang ada sehingga dapat terjadi proses tutor sebaya seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25069

Actions (login required)

View Item View Item