Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis pendekatan sets dan penilaiannya untuk pembelajaran biologi materi lingkungan kelas X SMA / Jamilatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis pendekatan sets dan penilaiannya untuk pembelajaran biologi materi lingkungan kelas X SMA / Jamilatus Sa'diyah

Sa'diyah, Jamilatus (2015) Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis pendekatan sets dan penilaiannya untuk pembelajaran biologi materi lingkungan kelas X SMA / Jamilatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa diyah Jamilatus. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Pendekatan SETS dan Penilaiannya untuk Pembelajaran Biologi Materi Lingkungan Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci Buku Petunjuk Praktikum Pendekatan SETS Pembelajaran Biologi Seiring dengan berkembangnya paradigma baru dalam dunia pendidikan maka tujuan pembelajaran bukan hanya untuk mengubah perilaku siswa tetapi membentuk karakter dan sikap mental profesional yang berorientasi pada pandangan global (global mindset). Siswa sebagai subjek terlibat langsung dengan masalah dan memiliki tantangan untuk belajar menyelesaikan masalah. Masalah lingkungan dan masyarakat di masa ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan perkembangan sains dan teknologi sehingga diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan keempat unsur tersebut. Suatu pendekatan yang dapat mengaitkan unsur sains lingkungan teknologi dan masyarakat dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan SETS ( Science Environment Technology Society). Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan buku petunjuk praktikum Biologi berbasis pendekatan SETS untuk guru dan siswa disertai penilaiannya pada pembelajaran biologi materi lingkungan kelas X SMAN 8 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D model yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al (1920). Yang terdiri atas tahap I pendefinisian atau penetapan (define) tahap II perancangan (design) tahap III pengembangan (develop) dan tahap IV penyebarluasan (disseminate). Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data tersebut diperoleh dari hasil validasi oleh validator ahli materi validator ahli media guru dan siswa sebagai uji coba produk pada kelompok kecil. Data kualitatif berupa komentar dan saran sedangkan data kuantitatif berupa nilai rentangan skala 1-4 (rating scale) yang juga diisikan melalui lembar validasi yang diberikan secara langsung kepada responden tersebut. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase kevalidan. Data dan hasil analisis data yang telah diperoleh digunakan untuk merevisi atau memperbaiki produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba diperoleh kesimpulan mengenai produk buku petunjuk praktikum berbasis SETS yang telah dikembangkan telah dapat diproduksi masal dan diterapkan atau disosialisasikan ke sekolah di seluruh Indonesia dengan melakukan uji efektivitas terlebih dahulu dan melakukan perbaikan pada bagian-bagian yang dianggap masih kurang. Proses sosialisasi produk ini telah dilakukan melalui tahap diseminasi dengan melaksanakan seminar hasil bersama guru Biologi SMA Negeri 8. Selanjutnya sosialisasi dapat dilakukan melalui pameran pendidikan seminar tingkat regional seminar tingkat nasional ataupun sosialisasi melalui dinas pendidikan dan lembaga lain yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25068

Actions (login required)

View Item View Item