Rizqi, Happy Kamala (2015) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang / Happy Kamala Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizqi Happy Kamala. 2015. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadapMotivasidanHasilBelajarSiswaKelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang. Skripsi JurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. SitiZubaidah M. Pd. (II) Dra. Hj. NursasiHandayani M. Si. Kata Kunci Problem Based Learning Motivasi HasilBelajar. Penerapanpembelajaranstudent centered di SMP Brawijaya Smart School Malang padafaktanyabelumdapatterealisasisecarapenuh. SekalipunsekolahtelahmenggunakanKurikulum 2013 tetapipenerapan model pembelajaran yang sesuaimasihbelummaksimal. Akibatpembelajaranstudent centered yang belummaksimalinilah makamempengaruhimotivasidanhasilbelajarsiswa.motivasi yang rendahterlihatdarihanyabeberapasiswa yang aktifdantertarikdenganpembelajaran. Hasilbelajar yang rendahjugaterlihatdaripencapaiannilai yang dibawah KKM masih 15% dari.totalseluruhsiswa. Tujuanpenelitianiniadalah (1) mengetahuipengaruhProblem Based Learning (PBL) terhadapmotivasibelajarsiswakelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang dan (2) mengetahuipengaruhProblem Based Learning (PBL) terhadaphasilbelajarsiswakelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu (quasi experiment) denganmenggunakandesainpenelitianpre-test and post-test group. Populasipenelitianiniadalahseluruhkelas VIII SMP Brawijaya Smart School yang terdiridari lima kelas yaitu VIII A-VIII E. Teknikpengambilansampel yang digunakanadalahrandom sample sehinggadiperolehduakelas VIII sebagaisampel yaitukelas VIII C sebagaikelaseksperimendan VIII E sebagaikelaskontroldenganmasing-masingkelasterdiridari 25 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakanberupalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran angketdanlembarobservasimotivasibelajar angketdanlembarobservasihasilbelajarsikap teshasilbelajarpengetahuan. danlembarobservasihasilbelajarketerampilan. Ujihipotesisdilakukandenganmenggunakanujianakovadanindependent sample t-testpadatarafsignifikansi 0 05. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakadapengaruh PBL terhadapmotivasibelajarsiswakelas VIII SMP Brawijaya Smart School. Pengaruh PBL terhadaphasilbelajarsiswakelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang padamasing-masingranahadalah (1) adapengaruh PBL terhadaphasilbelajarsikapsosialsiswa (2) tidakadapengaruh PBL terhadaphasilbelajar spiritual siswa (3) adapengaruh PBL terhadaphasilbelajarpengetahuansiswa(4) adapengaruh PBL terhadaphasilbelajarketerampilansiswa. Penerapan PBL untukmeningkatkanmotivasi agar menjadilebihmaksimalsebaiknyadilakukanmodifikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25067 |
Actions (login required)
View Item |