Pengembangan media pembelajaran computer assisted instruction tipe tutorial berbasis problem solving pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa / Ikhda Ria Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran computer assisted instruction tipe tutorial berbasis problem solving pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa / Ikhda Ria Andini

Andini, Ikhda Ria (2015) Pengembangan media pembelajaran computer assisted instruction tipe tutorial berbasis problem solving pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa / Ikhda Ria Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andini Ikhda Ria. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction Tipe Tutorial Berbasis Problem Solving pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (II) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci Media pembelajaran computer assisted instruction tipe tutorial problem solving sistem koordinasi hasil belajar berpikir kritis. Pembelajaran melalui media komputer dapat menyajikan visualisasi materi latihan soal dan informasi materi. Permasalahan di SMAN 1 Lamongan yaitu pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sikap siswa yang tidak siap belajar dan kesulitan siswa belajar biologi materi sistem koordinasi. Sehingga dengan dikembangkan media pembelajaran menggunakan Computer Assisted Instruction (CAI) Tipe Tutorial Berbasis Problem Solving materi tersebut bisa disampaikan secara interaktif dan menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan CAI tipe tutorial yang berbasis Problem Solving pada materi sistem koordinasi (2) mengetahui peningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran CAI tipe tutorial berbasis problem solving pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four D yang dikemukakan oleh Thiagarajan dkk (1974) yang meliputi langkah-langkah define design develop dan disseminate. Tahap define meliputi analisis awal akhir analisis pebelajar analisis konsep dan tujuan instruksional khusus. Tahap design meliputi pemilihan media pemilihan format dan desain awal. Tahap develop meliputi penilaian ahli dan uji kelompok kecil. Tahap disseminate dimodifikasi menjadi quasi eksperimen. Data yang didapatkan berupa data kuantitatif dan kulitatif deskriptif. Data kuantitatif berasal dari uji validasi produk dari ahli materi dan media uji kelompok kecil dan hasil quasi eksperimen untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan berpikir kritis siswa. Data kualitatif deskriptif diperoleh dari kritik dan saran dari validator dan respondens uji kelompok kecil. Media pembelajaran yang dihasilkan sangat valid. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan sebagai berikut (1) hasil validasi materi diperoleh prosentase 96 42 % sehingga media dikategorikan sangat valid (2) hasil validasi media diperoleh persentase 100 % sehingga media dikategorikan sangat valid (3) hasil uji produk kelompok kecil diperoleh prosentase 86 24% dikategorikan sangat valid (4) hasil quasi eksperimen pengaruh media Computer Assisted Instruction tipe tutorial berbasis problem solving yaitu berpengaruh terbukti dengan peningkatan hasil belajar sebanyak 51 6 persen dan tidak ada perbedaan kemampuan berfikir kritis kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item