Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu model siklus belajar 4E untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Tembelang Jombang / Rini Tri Andriani Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu model siklus belajar 4E untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Tembelang Jombang / Rini Tri Andriani Rahayu

Rahayu, Rini Tri Andriani (2015) Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu model siklus belajar 4E untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Tembelang Jombang / Rini Tri Andriani Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Rini Tri Andriani. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Model Siklus Belajar 4E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tembelang Jombang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M. Si. Kata Kunci Modul Pembelajaran IPA Terpadu siklus belajar. Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Tembelang Jombang sudah cukup baik karena beberapa proses pembelajaran di dalam kelas telah berpusat pada siswa serta sarana dan prasarana yang sudah cukup memadai untuk memudahkan melakukan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran sering dilakukan dengan mengerjakan LKS dengan alasan untuk mempersingkat waktu pembelajaran. LKS yang dimiliki siswa bentuk produknya kurang menarik berisi kumpulan soal-soal yang tidak bersifat konstruktif sehingga minat belajar siswa berkurang dan hal ini berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Modul pembelajaran IPA terpadu dapat membantu siswa SMP Negeri 1 Tembelang Jombang kelas VIII dalam mempelajari prinsip konsep dan proses pada materi bahan kimia dalam makanan dan sistem pencernaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran IPA terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tembelang Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian Research Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan tahapan 1) Define (penentuan masalah) 2) Design (pemilihan media) 3) Develop (pengembangan produk) dan 4) Disseminate (penyebarluasan produk). Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu Develop. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor angket penilaian dari validator skor angket penilaian modul oleh siswa dan penilaian hasil belajar siswa sedangkan data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator maupun siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi produk angket siswa dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Uji coba skala terbatas dilakukan kepada siswa kelas VIII bilingual SMP Negeri 1 Tembelang Jombang yang berjumlah 20 orang. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli pengembangan dan guru memperoleh nilai 89 23% untuk modul guru 89 31% untuk modul siswa ahli materi memberikan nilai 89 55% dan ahli bahasa memberikan nilai 88 12% dan dari angket siswa memperoleh nilai 93 00%. Data menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan bersifat valid dan tidak perlu untuk direvisi. Berdasarkan data uji coba rerata nilai tes kognitif siswa secara klasikal adalah 82 83 rerata hasil belajar afektif siswa secara klasikal adalah 83 70% dengan kriteria A sedangkan rerata nilai hasil belajar psikomotor siswa secara klasikal adalah 82 31 dengan kriteria baik. Pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran IPA terpadu terbukti dapat mengefisiensikan waktu pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item View Item