Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berbantuan mind map untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas VIII/F SMPN 12 Malang / Iffah Fikriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berbantuan mind map untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas VIII/F SMPN 12 Malang / Iffah Fikriyah

Fikriyah, Iffah (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berbantuan mind map untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas VIII/F SMPN 12 Malang / Iffah Fikriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fikriyah Iffah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Berbantuan Mind map untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas VIII/F SMPN 12 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Kata Kunci NHT Mind map Hasil Belajar Kreativitas Hasil observasi di kelas menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif sudah diterapkan oleh guru pada mata pelajaran IPA namun selama kegiatan diskusi tidak semua siswa memiliki tanggung jawab untuk dapat menyelesaikan masalah dalam lembar diksusi sebagian besar siswa pasif dan melakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa tanggung jawab perorangan siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan pembelajaran kelompoknya kurang. Permasalahan tersebut secara langsung berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil ulangan harian siswa VIII/F pada matapelajaran IPA materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi menunjukkan hasil persentase siswa yang tuntas hanya 60%. Pasal 3 pada UU No 20 Tahun 2013 menuntut siswa untuk kreatif namun kegiatan pembelajaran di kelas belum menunjukkan adanya kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII/F SMPN 12 Malang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan mind map lembar catatan lapangan lembar observasi sikap sosial dan spiritual lembar observasi keterampilan soal tes dan lembar penilaian kreativitas. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan mind map dapat diterapkan pada siswa VIII/F SMPN 12 Malang. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 87 5% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan sikap dan keteramplan. (a) Rata-rata hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 76 93 dan pada siklus II meningkat menjadi 82 8. (b) Rata-rata hasil belajar siswa aspek sikap pada siklus I sebesar 86 69 dan pada siklus II meningkat menjadi 88 89. (c) Rata-rata hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I sebesar 83 33 dan pada siklus II meningkat menjadi 96 29. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan mind map dapat meningkatkan kreativitas siswa. Rata-rata nilai kreativitas siswa pada siklus I sebesar 78 33 dan pada siklus II meningkat menjadi 83 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25057

Actions (login required)

View Item View Item