Pengembangan media interaktif sebagai alternatif pembelajaran biologi kelas XI MIA-3 SMAN 4 Pasuruan pada materi sistem koordinasi / Emilda Fajriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif sebagai alternatif pembelajaran biologi kelas XI MIA-3 SMAN 4 Pasuruan pada materi sistem koordinasi / Emilda Fajriyah

Fajriyah, Emilda (2015) Pengembangan media interaktif sebagai alternatif pembelajaran biologi kelas XI MIA-3 SMAN 4 Pasuruan pada materi sistem koordinasi / Emilda Fajriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriyah Emilda. 2015. Pengembangan Media Interaktif Sebagai Alternatif Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA-3 SMAN 4 Pasuruan Pada Materi Sistem Koordinasi. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si. Kata kunci Pengembangan Media Alternatif Sistem Koordinasi Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan. Pendidikan berpengaruh terhadap kondisi suatu negara. Negara yang maju adalah negara yang memiliki mutu pendidikan yang baik. Mutu pendidikan yang baik dapat terwujud jika proses pembelajaran diselenggarakan secara efektif. Banyak faktor yang mempengaruhi keefektifan pelaksanaan pembelajaran tersebut baik dari peserta didik maupun dari faktor-faktor lain seperti guru fasilitas lingkungan serta media pembelajaran yang digunakan. Masalah yang sering dihadapi guru Biologi kelas XI MIA SMAN 4 Pasuruan adalah sebagian besar siswa kelas XI MIA-3 masih memiliki motivasi dan ketertarikan yang rendah terhadap materi sistem koordinasi pada materi sistem koordinasi hanya terdapat 70% siswa yang lulus dengan nilai minimal SKM serta materi sistem koordinasi merupakan materi yang sulit dikuasai oleh siswa. Solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan media interaktif yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi ketertarikan terhadap materi sistem koordinasi dan membantu siswa dalam menguasai materi sistem koordinasi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan media interaktif sebagai alternatif pembelajaran Biologi kelas XI SMAN 4 Pasuruan pada materi sistem koordinasi. Media interaktif yang telah dikembangkan memiliki model pengembangan Recursive Reflective Design and Development (R2D2) oleh Willis. Media inetraktif materi sistem koordinasi berisi 6 menu utama yaitu kompetensi pokok bahasan (materi) glosarium evaluasi bantuan dan about. Media interaktif yang telah dikembangkan selanjutnya dilakukan uji coba oleh tim partisipan yaitu tim ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi praktisi lapangan dan pengguna. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket instrumen pengumpulan data. Data yang diperoleh dari tim partisipan berupa data kualitatif dalam bentuk saran dan komentar dan data kuantitatif yang dihitung menggunakan rumus persentase. Hasil penilaian yang dilakukan oleh tim partisipan menunjukkan bahwa media interaktif materi sistem koordinasi memiliki kategori layak dengan perolehan skor oleh ahli media sebesar 84 2% skor perolehan oleh ahli materi sebesar 90 4% skor perolehan oleh praktisi lapangan sebesar 88 1% dan skor perolehan oleh pengguna produk sebesar 89 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25056

Actions (login required)

View Item View Item