Pengaruh model pembelajaran kooperatif snowball throwing dan siklus belajar 5E terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN di Malang / Khairina Novi Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif snowball throwing dan siklus belajar 5E terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN di Malang / Khairina Novi Amalia

Amalia, Khairina Novi (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif snowball throwing dan siklus belajar 5E terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN di Malang / Khairina Novi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khairina N. A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Siklus Belajar 5E terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VIII SMPN di Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si. M.Si. Kata Kunci Minat Belajar Hasil Belajar Kognitif Model PembelajaranSnowball Throwing Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Pembelajaran IPA merupakan salah pembelajaran yang mengharuskan siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Pada beberapa SMP di Malang ditemukan permasalahan mengenai minat belajar dan hasil belajar kognitif saat diadakan tes. Minat belajar siswa pada beberapa sekolah nampaknya masih kurang. Siswa juga masih ada yang mendapatkan skor di bawah batas ketuntasan ketika diadakan tes. Kondisi ini dapat diatasi melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Model pembelajaran Snowball Throwing mampu meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar kognitif.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran Snowball Throwingdan siklus belajar 5E terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA kelas VIII SMPN di Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pre test post-test non equaivalent control group design. Variabel bebas yang digunakan adalah model pembelajaran. Variabel terikat adalah minat belajar dan hasil belajar kognitif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 15 Malang. Subjek utama adalah kelas VIII-B (eksperimen) dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas VIII-A (kontrol) dengan model pembelajaran siklus belajar 5E yang sering digunakan guru. Instrumen terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas ditambah daya beda dan tingkat kesukaranuntuk butir soal. Uji hipotesis menggunakan uji ANAKOVA dengan taraf signifikansi 0 05 menggunakan data skor pre-test dan post-test sebelumnya didahului uji normalitas data (uji Kolmogrov Smirnov) dan uji homogenitas (uji Levene). Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar IPA (P 0 000) 2) rerata terkoreksi minat belajar kelas eksperimen 12 98% lebihtinggi dari kelas kontrol 3) tidak ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif IPA (P 0 504) 4) tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif IPA kelas eksperimen dan kontrol. Model pembelajaran Snowball Throwingdapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar sedangkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan siklus belajar 5E. Waktu pelaksanaan pembelajaran kedua kelas (eksperimen dan kontrol) sebaiknya tidak berbeda jauh agar hasil lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item