Nupitasari, Ayu (2015) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 15 Malang materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya / Ayu Nupitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nupitasari Ayu. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 15 MalangMateri Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Skripsi. Jurusan Biologi. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Prof. Dr. Suhadi M.Si Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek Hasil Belajar Sikap Pengetahuan Ketrampilan Hasil belajar siswa menurutKurikulum 2013 mencakup kompetensi pengetahuan sikap dan ketrampilan. Proses pembelajaranpadaKurikulum 2013 disesuaikandenganpendekatanilmiahsalahsatunyamenggunakanpembelajaranberbasisproyek. Pembelajaranberbasisproyeksudahditerapkan di SMPN 15 Malang tetapisintaksdanindikatorpembelajaranmasihbelumsesuai.Akibatnyahasilbelajarsiswamenjadirendahyaitulebihdari 50% siswamendapatnilai UAS tepat KKM.Hasilangketdanobservasijugamenunjukkankompetensisikapdanketrampilansiswarendah.Olehkarenaitu penelitianinibertujuanuntuk mengkaji pengaruh pembelajaranberbasisproyekterhadap hasil belajar siswasesuai Kurikulum 2013 yang dilakukan di SMPN 15 MalangMateri Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII G sebagai kelas kontrol (pembelajaran berbasisproyek di SMPN 15 Malang) dan kelas VII E sebagai kelas perlakuan (pembelajaran berbasis proyek). Analisis dalam penelitian ini adalah analisiskovariandenganujilanjut BNT. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajarsiswa. Kelas perlakuan yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek mempunyai kompetensi sikap 20 6% kompetensi pengetahuan 53 7% kompetensi ketrampilan 39 7% lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi untuk memberdayakan kompetensi sikap pengetahuan dan ketrampilan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25046 |
Actions (login required)
View Item |