Pengembangan media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis Problem Based Learning (PBL) materi sistem ekskresi untukj meninngkatkan kemampuan berpikir kritis sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik kelas XI SMA Panjura Malang / Firza Dwi Hasana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis Problem Based Learning (PBL) materi sistem ekskresi untukj meninngkatkan kemampuan berpikir kritis sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik kelas XI SMA Panjura Malang / Firza Dwi Hasana

Hasanah, Firza Dwi (2015) Pengembangan media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis Problem Based Learning (PBL) materi sistem ekskresi untukj meninngkatkan kemampuan berpikir kritis sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik kelas XI SMA Panjura Malang / Firza Dwi Hasana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Firza Dwi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis Problem Based learning (PBL) Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas XI SMA PANJURA Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S (II) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci media pembelajaran CAI berbasis PBL sistem ekskresi berfikir kritis sikap spiritual sikap sosial SMA PANJURA Malang. Media pembelajaran dibutuhkan dalam pembelajaran agar pesan yang ada dalam materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Media pembelajaran di SMA Panjura Malang masih menggunakan power point. Power point kurang bisa representatif terutama untuk materi yang rumit seperti sistem ekskresi. Selain itu kemampuan berfikir kritis masih kurang berdasarkan hasil observasi di SMA PANJURA Malang. Padahal kemampuan berfikir kritis penting untuk pemahaman materi secara komprehensif. Kemampuan berfikir kritis dapat ditingkatkan melalui Problem Based Learning (PBL). Penanaman sikap sosial dan spiritual juga masih kurang di SMA PANJURA Malang. Sehingga diperlukan media pembelajaran interaktif atau Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis PBL materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis sikap sosial dan sikap spiritual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis PBL materi sistem ekskresi dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis sikap spiritual dan sikap sosial mengetahui keefektifan kepraktisan dan kelayakan media yang dikembangkan. Media pembelajaran CAI ini dikembangkan berdasarkan model Thiagarajan 4-D namun tanpa tahap Disseminate karena tidak dilakukan uji coba dalam skala luas. Data pada penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket validasi oleh validator ahli materi validator ahli media validator ahli praktisi lapangan untuk menentukan kevalidan media sedangkan validator peserta didik untuk menentukan kepraktisan dan keefektifan dimana semua data nantinya akan dikonversi dalam bentuk persen (%). Data kualitatif berupa saran dan komentar dari pada validator. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil persentase kevalidan sebesar 91 39% 94 79% 89 76% dari validator ahli materi validator ahli media validator ahli praktisi lapangan dengan kriteria sangat valid. Tingkat keefektifan diperoleh gain-score sebesar 0 7 yang berarti efektifitas sedang. Tingkat kepraktisan diperoleh hasil sebesar 90 28% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media CAI berbasis PBL materi sistem ekskresi sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item