Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model Thing Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajart siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang / Rina Dwi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model Thing Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajart siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang / Rina Dwi Astuti

Astuti, Rina Dwi (2015) Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model Thing Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajart siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang / Rina Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Rina Dwi. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS)terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd (II) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si. M.Si. Kata Kunci TPS Kemampuan Berpikir Kritis dan hasil Belajar Siswa Menurut Hasibuan (1991) penerapan diskusi dalam kelompok kecil (TPS) dapat memberi kesempatan pada siswa untuk berlatihmengembangkan aspek afektif dan aspek psikomotor yang merupakan ciri dari pendidikan kebudayaan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu karena pada eksperimen ini belum memenuhi persyaratan yang dapat dikatakan ilmiah mengikuti peraturan tertentu. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA Diponegoro Tumpang Malang yang berjumlah 24 dan 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat untuk melihat data yang ada telah terdistribusi secara normal. Rancangan penelitian ini kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model TPS sedangkan kelas kontrol dengan metode pembelajaran model konvensional dalam hal ini ceramah. TPS merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur yang dimaksudkan sebagai alternatif pengganti terhadap struktur kelas tradisional. Pembelajaran model ini menantang siswa dengan pertanyaan terbuka dan memberi siswa waktu untuk memikirkan pertanyaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode pembelajaran kooperatif model TPS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0 05 (0 966) (2) penerapan metode pembelajaran kooperatif model TPS berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0 05 (0 336) dan hasil belajar psikomotor siswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25034

Actions (login required)

View Item View Item