Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran biologi materi klasifikasi tumbuhan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X SMAN Taman Harapan Malang / Vivi Dwi Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran biologi materi klasifikasi tumbuhan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X SMAN Taman Harapan Malang / Vivi Dwi Kurniawati

Kurniawati, Vivi Dwi (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran biologi materi klasifikasi tumbuhan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X SMAN Taman Harapan Malang / Vivi Dwi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati V. D. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Biologi Materi Klasifikasi Tumbuhan untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas X SMA Taman Harapan Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Dra. Sunarmi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan perangkat Problem Based Learning (PBL) kompetensi siswa Kurikulum 2013 mengacu pada pendidikan berbasis kompetensi (competency-based curriculum). Pendidikan berbasis kompetensi dirancang untuk mengembangkan sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik secara maksimal. Permendikbud RI Nomor 65 tahun 2013 menjelaskan bahwa salah satu model pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran berbasis pemecahan masalah (Problem based Learning). Problem based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dan analitis serta menghadapkan siswa pada latihan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran berbasis PBL yang dikembangkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan didalam Permendikbud RI yang mengatur tentang kurikulum 2013. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis PBL untuk meningkatkan kompetensi siswa. Model pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PBL pada penelitian ini mengadaptasi model Thiagarajan et.al (1974) yang terdiri atas 4 tahap namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu Develop. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh 3 validator ahli menggunakan skala likert sehingga diperoleh tingkat kevalidan sebesar 94 3% dengan kriteria valid sedangkan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan dilakukan uji coba pada kelas X IPA SMA Taman Harapan Malang. Tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran sebesar 95 6% dan 89 3% dengan kriteria baik yang masing-masing diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan pengisian angket respon siswa. Sedangkan tingkat keefektifan diperoleh dari tingkat penguasaan klasikal kompetensi siswa (sikap pengetahuan dan keterampilan) sebesar 87 5% dengan kriteria tinggi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PBL layak digunakan dan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran yang selanjutnya perlu memperhatikan saran (a) pengembangan perangkat pada materi pelajaran yang lebih luas (b) untuk me ningkatkan kevalidan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran dapat dilakukan ujicoba pada skala yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25033

Actions (login required)

View Item View Item