Pengembangan media pembelajaran komik "Sistem Saraf" berpendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi / Qurrotul A'yun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik "Sistem Saraf" berpendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi / Qurrotul A'yun

A'yun, Qurrotul (2015) Pengembangan media pembelajaran komik "Sistem Saraf" berpendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi / Qurrotul A'yun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A yun Qurrotul. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sistem Saraf Berpendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XISMA Negeri 1 Gondanglegi. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Komik Sistem Saraf Scientific Berdasarkan hasil observasi sebanyak 69.9 % siswa kesulitan dalam mempelajari materi sistem saraf dan33% mendapatkan nilai diatas KKM (lulus). Kesulitan yang dialami oleh siswa diakibatkan oleh rendahnya minat baca siswa dan rendahnya minat belajar. Berdasarkan hasil observasi kurang lebih 35% siswa tidak memiliki buku pegangan Biologi selain itu juga disebabkan karena sebagian besar materi sistem saraf bersifat abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang mendukung.Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa yaitu media Komik Biologi. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan komik Sistem Saraf berpendekatan Scientific sebagai media pembelajaran Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gondanglegi.. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang mengadaptasi tahapan-tahapan dari Four-D model yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. akan tetapi pada penelitan pengembangan ini hanya dilakukan hingga tahap III pengembangan (develop). Jenis data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi oleh validator ahli materi validator ahli media praktisi pendidikan dan siswa. Data kualitatif berupa komentar dan saran sedangkan data kuantitatif berupa nilai rentangan skala 1-4 yang yang diperoleh dari lembar validasi yang diberikan secara langsung kepada responden dan nilai hasil pre-test dan pos-test siswa. Data yang diperoleh dari lembar validasi dianalisis menggunakan rumus persentase kevalidan dan nilai pre-test dan pos-test siswa di analisis menggunakan rumus Gain Score Ternormalisasi. Hasil validasi ahli materi terkait semua komponen pada aspek materi dari Komik Biologi yaitu sebesar 93 39% atautermasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli media terkait semua komponen dari Komik Biologi yaitu sebesar 86 11% atau termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi praktisi lapangan (Guru) terkait semua komponen pada aspek materi dan media dari Komik Biologi yaitu sebesar 90 90% atau termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap tingkat kepraktisan media Komik Biologisebesar 87 24 % atau termasuk dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test didapatkan nilai gain skor ternormalisasi sebesar 0 80 atau masuk dalam kategori tinggi. Kesimpulan secara keseluruhan media Komik Biologi berpendekatan scientific ini layak digunakan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25029

Actions (login required)

View Item View Item