Pengembangan kit pembelajaran dengan lembar kegiatan siswa menggunakan langkah 5M untuk pembelajaran biologi sistem regulasi manusia kelas XI SMAN 1 Pakel Tulungagung / Dwi Retno Pintarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kit pembelajaran dengan lembar kegiatan siswa menggunakan langkah 5M untuk pembelajaran biologi sistem regulasi manusia kelas XI SMAN 1 Pakel Tulungagung / Dwi Retno Pintarti

Pintarti, Dwi Retno (2015) Pengembangan kit pembelajaran dengan lembar kegiatan siswa menggunakan langkah 5M untuk pembelajaran biologi sistem regulasi manusia kelas XI SMAN 1 Pakel Tulungagung / Dwi Retno Pintarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pintarti Dwi Retno. 2015. Pengembangan Kit Pembelajaran dengan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Langkah 5M untuk Pembelajaran Biologi Sistem Regulasi Manusia Kelas XI SMAN 1 Pakel Tulungagung. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Hadi Suwono M.Si (II) Drs. H. M. Noviar Darkuni M.Kes Kata kunci Kit Pembelajaran LKS Langkah 5M Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Biologi materi sistem Regulasi Manusia yaitu alat praktikum dan peralatan lain yang mendukung proses pembelajaran yang tersedia di sekolah kurang lengkap. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Kit Pembelajaran dengan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Langkah 5M untuk Pembelajaran Biologi Materi Sistem Regulasi Manusia Kelas XI SMAN 1 Pakel Tulungagung. Kit Pembelajaran sistem Regulasi Manusia merupakan seperangkat alat yang digunakan dalam pembelajaran yang dikemas dalam satu kotak yang dilengkapi dengan LKS menggunakan Langkah 5M yang berisi uraian materi dan kegiatan yang harus dilaksanakan siswa dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi pada model pengembangan versi Borg and Gall (1983) dan dibatasi sampai tahap ke tujuh yaitu operational product revision (revisi hasil uji lapangan). Instrumen pengumpulan data meliputi (1) angket validasi untuk validator ahli pendidikan ahli materi dan ahli praktisi lapangan (guru) (2) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (3) soal pretes dan postes dan (4) angket respon siswa terhadap pembelajaran kemudian diujicoba lapangan secara terbatas yaitu pada kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung yang terdiri dari 28 siswa. Hasil validasi oleh validator ahli pendidikan mendapatkan kriteria sangat layak validator ahli materi mendapatkan kriteria layak dan validator ahli praktisi lapangan mendapatkan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran oleh observer semua kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati menanya mencoba mengasosiasi dan mengkomunikasikan terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil pelaksanaan pretes dan postes terjadi peningkatan skor. N-gain yang diperoleh berdasarkan hasil pretes dan postes tersebut adalah 0.70. Nilai 0.70 termasuk kategori tinggi berdasarkan kriteria tingkat gain atau menunjukkan perbandingan yang tinggi antara nilai pretes dan postes. Kit Pembelajaran dengan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Langkah 5M untuk Pembelajaran Biologi Materi Sistem Regulasi Manusia Kelas XI SMAN 1 Pakel Tulungagung yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran Biologi di SMA. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25028

Actions (login required)

View Item View Item