Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan proses belajar dan minat pelajaran ekonomi serta ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekonomi 1 SMA Negeri 9 Malang / Erlita Mulyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan proses belajar dan minat pelajaran ekonomi serta ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekonomi 1 SMA Negeri 9 Malang / Erlita Mulyani

Mulyani, Erlita (2015) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan proses belajar dan minat pelajaran ekonomi serta ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekonomi 1 SMA Negeri 9 Malang / Erlita Mulyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyani Erlita 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Proses Belajar Dan Minat Pelajaran Ekonomi Serta Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi 1 Sma Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (II) Dr. Dwi Wulandari SE. MM. Kata Kunci Keaktifan Proses Belajar Minat Pelajaran Ekonomi Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Dalam setiap kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh setiap guru selalu bermula pada komponen komponen pembelajaran yang ada pada kurikulum. Kurikulum yang diterapkan saat ini di Indonesia sangat menarik perhatian para pendidik karena selain dari bentuk pengajaran di dalam kelas kurikulum 13 ini juga memberikan sistem kelas yang berbeda dimana setiap siswa diberi kebebasan untuk belajar pada bidang yang berbeda. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang termasuk penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Dua siklus dilaksanakan selama 6 x pertemuan dimana setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan evaluasi refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 6 9 13 Januari 2015 untuk siklus I sedangkan siklus II dimulai pada tanggal 16 20 23 Januari 2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Lintas minat Ekonomi 1 yang berjumlah 33 orang siswa dengan rincian 11 laki laki dan 22 perempuan di SMA Negeri 9 Malang. Keaktifan proses belajar siswa diukur dengan menggunakan format penilaian keaktifan siswa di dalam kelas penilaian minat pelajaran ekonomi siswa diukur dengan pembagian tes minat sebelum diterapkannya model pembelajaran dan setelah diterapkannya model pembelajaran ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif diukur melalui ulangan akhir per siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan model pembelajaran Group investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan proses belajar minat pelajaran ekonomi dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas X Lintas Minat Ekonomi 1 SMA Negeri 9 Malang. Pencapaian keaktifan siswa dari siklus I sebesar 64% sedangkan pada siklus II sebesar 83% pencapaian minat siswa dari siklus I sebesar 60% sedangkan pada siklus II 78% pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 75 75% sedangkan pada siklus II sebesar 92%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation (GI) yang dilaksanakan selama dua siklus dapat meningkatkan keaktifan proses belajar minat pelajaran ekonomi dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Lintas Minat Ekonomi 1 SMA Negeri 9 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25025

Actions (login required)

View Item View Item