Pengaruh pembelajaran group investigation terbimbing berbantuan photovoice terhadap motivasi danb hasil belajar siswa di SMPN 6 Malang / Roy Befi Bilfillyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran group investigation terbimbing berbantuan photovoice terhadap motivasi danb hasil belajar siswa di SMPN 6 Malang / Roy Befi Bilfillyan

Bilfillyan, Roy Befi (2015) Pengaruh pembelajaran group investigation terbimbing berbantuan photovoice terhadap motivasi danb hasil belajar siswa di SMPN 6 Malang / Roy Befi Bilfillyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bilfillyan Roy Befi. 2015. Pengaruh Pembelajaran Group InvestigationTerbimbing Berbantuan Photovoice Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMPN 6 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci group investigationterbimbing photovoice motivasi hasil belajar Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh proses pembelajaran yang terjadi baik di dalam maupun di luar kelas. Mendukung proses pembelajaran diperlukan usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi penyempurnaan kurikulum dan sarana prasarana pembelajaran.Kesulitan yang dirasakan guru IPA Terpadu ialahcaramenanamkan konsep diri dan kebiasaan belajar siswa yang baik agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Selain itu latar belakang guru yang memiliki ilmu biologi harus memadukan materi biologi dan fisika pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada pengaruh pembelajaran group investigation terbimbing berbantuan photovoice terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMPN 6 Malang. Populasi kelas VII SMPN 6 Malang dengansampelsebanyak66 siswa. Pemilihan sekolah berbasis purposive sampling dan pemilihan kelas berbasis random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) merupakan penelitian yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan ujianalysis of covariancedanmultivariateanalysis of covarianceuntukmenganalisismotivasidanhasilbelajar. Data penelitian sebelumdilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitasanakovamenggunakanKolmogorov SmirnovsedangkanujinormalitasmankovamenggunakanShapiro-Wilkdan homogenitas Levene s Testsebagai uji prasyarat untuk mengetahui data berdistribusi normal dan homogen.Pengambilandata menggunakan data angketmotivasi lembarteskognitif lembarobservasihasilbelajarafektifdanpsikomotor. Berdasarkanhasilanalisisdata penelitiandanpembahasan makadapatdisimpulkanbahwahasilujianakovamenunjukkanmotivasibelajarlebihmeningkatpadakelaseksperimendibandingkanmotivasibelajarkelaskontroldengannilaip 0 000 lebihkecildari 945 0 05. Hal inimenunjukkanbahwapembelajarangroup investigationterbimbingberbantuanphotovoiceberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswakelas VII SMP Negeri 6 Malang.Hasilujianakovamenunjukkannilaip 0 000 lebihkecildari 945 0 05. Hal inimenunjukkanbahwapembelajarangroup investigationterbimbingberbantuanphotovoiceberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelas VII SMP Negeri 6 Malang.Hasilujimankovanilaip 0 000lebihkecildari 945 0 05. Hal inimenunjukkanbahwapembelajarangroup investigationterbimbingberbantuanphotovoiceberpengaruhterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswakelas VII SMP Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25024

Actions (login required)

View Item View Item