Pengaruh Project Based Learning (BjBL) dengan produk Cerita Bergambar (Cergam) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP 6 Malang pada materi Sistem Ekskresi / Lidina Fazilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Project Based Learning (BjBL) dengan produk Cerita Bergambar (Cergam) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP 6 Malang pada materi Sistem Ekskresi / Lidina Fazilah

Fazilah, Lidina (2015) Pengaruh Project Based Learning (BjBL) dengan produk Cerita Bergambar (Cergam) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP 6 Malang pada materi Sistem Ekskresi / Lidina Fazilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fazilah Lidina. 2015. Pengaruh Project Based Learning (PjBL) dengan Produk Cerita Bergambar (CERGAM) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 6 MALANG pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dra. Hj. Susilowati M.S. Kata Kunci PjBL CERGAM Motivasi HasilBelajar Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 6 Malang. Kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa karena siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh PjBL dengan produk CERGAM terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Keunggulan strategi PjBL adalah meningkatkan motivasi meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah meningkatkan kemampuan untuk mencari informasi meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas dan meningkatkan kejasama kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan Pretest Posttes Control Group Design. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest serta observasi. Instrument hasil belajar kognitif sebelum digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas reabilitas daya beda dan kesukaran soal. Data hasil motivasi belajar hasil belajar afektif dan hasil belajar kognitif di uji anakova dan untuk data hasil belajar psikomotor dilakukan uji-t. Sebelum dilakukan ujianakova dan uji-t dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh PjBL dengan produk CERGAM terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0 000 0 050 hasil belajar afektif dengan nilai signifikasi 0 000 0 050 hasil belajar kognitif dengan nilai signifikansi 0 002 0 050 dan hasil belajar psikomotor dengan nilai signifikansi 0 000 0 050. Hal ini karena penggunakan PjBL memiliki banyak keuntungan yaitu dapat memotivasi siswa dengan pengerjaan CERGAM dapat meningkatkan kerjasama dan tanggung jawab siswa dapat meningkatkan pengetahuan spiritual karena didalam CERGAM dilengkapi dengan pesan dan amanat yang dirasakan oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yaitu siswa dibiasakan memunculkan masalah sendiri serta mencari solusi sendiri dan dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor karena dalam PjBL siswa diharapkan dapat membuat CERGAM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25023

Actions (login required)

View Item View Item