Pengembangan modul biologi berpendekatan kontekstual dengan metode icare untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X SMAN 8 Malang / Mita Listiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul biologi berpendekatan kontekstual dengan metode icare untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X SMAN 8 Malang / Mita Listiani

Listiani, Mita (2015) Pengembangan modul biologi berpendekatan kontekstual dengan metode icare untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X SMAN 8 Malang / Mita Listiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Listiani Mita. 2015. Pengembangan Modul Biologi Berpendekatan Kontekstual dengan Metode ICARE untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 8 Malang.Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Dr. Mimien Henie I. M.S.(II) Dra. Hawa Tuarita M.S. Kata Kunci Modul Kreativitas PendekatanKontekstual MetodeICARE. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara utuh/berdiri sendiri dan digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Tujuan pengembangan modul dapat bermacam-macam tergantung dari kebutuhan lapangan. Salah satu kebutuhan lapangan Indoesia saat ini adalah sumber daya manusia yang kreatif namun tidak semua modul dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Salah satu cara agar modul dapat meningkatkan kreativitas siswa adalah dengan mengintegrasikan komponen pendekatan kontekstual dan metode ICARE ke dalam modul tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul biologi berpendekatan kontekstual dengan metode ICAREpada materi permasalahan lingkungan dan dampaknya kemudian menguji kelayakan keefektifan dan kepraktisan sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini mengadaptasi model Penelitian Pengembangan Plomp yang terdiri dari lima tahap/fase yakni fase investigasi awal fase desain fase konstruksi fase tes evaluasi revisi dan fase implementasi.Fasekeempat yakni tahap tes evaluasi dan revisi dilakukan oleh validator ahli modul ahli materi serta praktisi lapanganuntuk menguji kelayakan modul. Fase implementasi untuk menilai keefektifan dan kepraktisan modul dilaksanakan di kelas X SMAN 8 Malang pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Keefektifan modul dinilai dari hasil pretes-postes kemampuan berpikir siswa serta dari hasil penilaian diri terhadap sikap kreatif. Kepraktisan modul dinilai dari hasil pengisisan angket respons siswa serta observasi pembelajaran. Seluruh data yang diperoleh selama fase implementasi kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modulyang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil pretes-postes siswa menunjukkan tingkat gain sebesar 0 6 selain itu 72% siswa telah memiliki nilai kreativitas yang baik. Hal ini berarti modul efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hasil penilaian kepraktisan 62% siswa memberikan respons positif yang berarti modul praktis digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul sudah terlaksana keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran yang dihasilkan valid efektif dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25021

Actions (login required)

View Item View Item