Pengembangan media mobile learning berbasis android pada pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel kelas XI / Muhammad Saefi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media mobile learning berbasis android pada pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel kelas XI / Muhammad Saefi

Saefi, Muhammad (2015) Pengembangan media mobile learning berbasis android pada pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel kelas XI / Muhammad Saefi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saefi Muhammad. 2015. Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel Kelas XI. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M.Ked (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci Media Pembelajaran Mobile Learning Android Sel Proses pembelajaran adalah saling terjadinya komunikasi antar komponen pembelajaran. Proses komunikasi yang baik akan memudahkan siswa dalam memahami materi sehingga tujuan tercapai. Hasil observasi kepada 39 siswa kelas XI di MAN Pasuruan menunjukkan bahwa 61 5% siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi struktur dan fungsi sel. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu mobile learning berbasis android untuk pembelajaran struktur dan fungsi sel. Media ini diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan memberikan keleluasaan kepada siswa untuk belajar di berbagai tempat dan waktu. Penelitian dan pengembangan menggunakan model sistem pembelajaran ADDIE terdiri dari lima tahap yakni Tahap I analysis yang terdiri identifikasi masalah analisis kebutuhan dan analisis konsep Tahap II design yang terdiri dari pembuatan Garis Besar Isi Media (GBIM) Jabaran Materi (JM) Storyboard dan flowchart Tahap III develop yang terdiri dari validasi oleh ahli media materi dan praktisi lapangan Tahap IV implement yang terdiri dari ujicoba kepada siswa dan Tahap V evaluate. Data dan hasil analisis data yang telah diperoleh digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki media yang dikembangkan. Produk dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mobile learning berupa aplikasi android berbasis Adobe AIR 3.2 untuk pembelajaran struktur dan fungsi sel yang dikembangkan dengan Adobe Flash Professional CS 6 dan dapat dipasang pada android minimal versi 2.2 (Froyo). Hasil validasi ahli media ahli materi dan praktisi pendidikan terhadap media pembelajaran ini menunjukkan tanggapan positif (ya) untuk setiap indikator masing-masing komponen yang dinilai. Hasil ujicoba menunjukkan 100% siswa menyatakan tanggapan positif (ya) pada hampir semua komponen kecuali pada indikator kemudahan memilih menu dan ukuran dan jenis huruf masing-masing sebesar 96 15% indikator kemenarikan bentuk tombol dan tiga indikator (media dapat digunakan di berbagai tempat dan waktu penyajian materi pada media dapat memungkinkan siswa belajar di rumah dan media dapat membuat siswa belajar sesuai dengan kecepatan dan intensitas belajar) masing-masing sebesar 88 46% dan indikator kemenarikan tampilan sebesar 84 65%. Media pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang dapat dilihat dari ketuntasan belajar dengan KKM 8805 75 secara klasikal sebesar 84 61% dengan rata-rata 81 07. Hasil validasi dan ujicoba dari hasil pengembangan media ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak dan dapat diterapkan pada skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25019

Actions (login required)

View Item View Item