Pengembangan perangkat pembelajaran biologi materi sistem ekskresi melalui model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA / Ary Maf'ula - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi materi sistem ekskresi melalui model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA / Ary Maf'ula

Maf'ula, Ary (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi materi sistem ekskresi melalui model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA / Ary Maf'ula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maf ula Ary. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi melalui Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Amy Tenzer M.S (2) Nuning Wulandari S.Si. M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran sistem ekskresi inkuiri terbimbing pendekatan saintifik hasil belajar. Hasil wawancara dengan guru biologi di MAN Sidoarjo pada tanggal 24 dan 28 November 2014 menunjukkan bahwa pembelajaran di MAN Sidoarjo menggunakan metode diskusi dan ceramah. Hasil wawancara juga diketahui bahwa sistem ekskresi merupakan salah satu materi kelas XI IPA Semester 2 yang diduga merupakan materi yang sulit bagi siswa terlihat dari nilai ketuntasan belajar klasikal materi sistem ekskresi pada tahun ajaran 2013/2014 sebesar 43 %. Hal ini diduga disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang variatif dan media yang digunakan tidak dapat membantu siswa memahami sistem ekskresi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yakni mengembangkan perangkat pembelajaran dengan sintaks pembelajaran kombinasi pendekatan saintifik dan inkuiri terbimbing serta didukung dengan media pembelajaran berupa video animasi. Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan perangkat pembelajaran biologi materi sistem ekskresi melalui model inkuiri terbimbingdengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa 2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan 3) mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE Dick and Carey (1996). Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi perangkat pembelajaran skor angket uji kepraktisan skor hasil belajar aspek sikap aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator dan siswa. Validasi dilakukan oleh dosen ahli perangkat pembelajaran ahli media ahli materi dan praktisi lapangan. Uji keefektifan dilakukan dengan mengimplementasi kan perangkat pembelajaran di kelas XI IPA 8 MAN Sidoarjo dengan jumlah 34 siswa sedangkan uji kepraktisan dilakukan terhadap 5 orang siswa. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan kriteria sangat valid dengan rincian nilai validitas silabus RPP LKS dan media pembelajaran berturut-turut 97 13 % 94 65 % 90 65 % dan 93 03 %. Keefektifan pembelajaran terlihat dari hasil belajar aspek pengetahuan aspek sikap dan aspek keterampilan berturut-turut adalah 86 17 % 78 % 85% dan 85 %. Hasil uji coba kepraktisan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat praktis dengan persentase 95 26 %. Perangkat pembelajaran dapat meningkat kan hasil belajar dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 94 % dibandingkan nilai ketuntasan belajar klasikaltahun ajaran 2013/2014 yaitu 43%. Berdasarkan hasil tersebut memperlihatkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak efektif dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item View Item