Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan scientific pada materi Sistem Pernafasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Enggar Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan scientific pada materi Sistem Pernafasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Enggar Agustina

Agustina, Enggar (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan scientific pada materi Sistem Pernafasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Enggar Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina Enggar. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendakatan Scientific pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S (II) Dra. Hj. Susilowati M.S. Kata Kunci multimedia pembelajaran interaktif pendekatan scientific Proses pembelajaran Biologi di SMAN 1 Gondanglegi masih terpusat pada buku literatur sehingga menyebabkan siswa cenderung menghafal materi tanpa memahami konsepdari materinya.Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran masih sangat kurang padahal sarana dan prasarana sekolah dalam bidang teknologi cukup lengkap.Multimedia sebagai salah satu media pembelajaran dinilai sangat praktis dan efektif untuk membantu proses pembelajaran karena dalam satu media terdapat banyak aspek yang bisa dimunculkan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan produk menguji keefektifan dan kepraktisan. Metode Pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee dan Owens (2004) dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari (1) Penilaian/Analisis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Penilaian Kebutuhan dan Analisis Depan-Akhir (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi.Pengembangan multimedia interaktif ini divalidasi oleh ahli materi ahli media kemudian diuji coba lapangan awal dengan melibatkan praktisi lapangan (guru dan siswa). Produk yang telah direvisi dilanjutkan dengan uji coba lapangan utama.Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai validasi produk hasil belajar dan angket respon siswa sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar ahli materi ahli media praktisi lapangan dengan menggunakan kriteria kevalidan kriteria ketuntasan hasil belajar dan angket respon siswa setelah menggunakan multimedia interaktif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi lapangan diperoleh nilai sebesar 82% 87 5% 90% dan 90 25%. Hal ini membuktikan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa (kognitif afektif psikomotor)yang diperoleh setelah menggunakan multimedia interaktif mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar tahun ajaran 2013/2014.Rata-rata hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor siswa setelah menggunakan multimedia interaktif sebesar 89 84 dan 87 dibandingkan dengan hasil belajar pada tahun ajaran sebelumnya hanya sebesar 76 82 dan 80.Hal ini membuktikan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Perolehan hasil angket respon siswa setelah menggunakan multimedia interaktif sebesar 91 9% sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25016

Actions (login required)

View Item View Item