Pengembangan media pembelajaran buletin fungi flipbook dengan model project based learning untukl siswa SMA kelas X / Alfian Oktavijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran buletin fungi flipbook dengan model project based learning untukl siswa SMA kelas X / Alfian Oktavijayanti

Oktavijayanti, Alfian (2015) Pengembangan media pembelajaran buletin fungi flipbook dengan model project based learning untukl siswa SMA kelas X / Alfian Oktavijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktavijayanti. A. 2015 Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Fungi Flipbook dengan Model Project Based Learning untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (2) Agung Witjoro S.Pd. M.Kes Kata Kunci pengembangan media pembelajaran buletin fungi flipbook kingdom Jamur validasi persentase 12288 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran sangat penting dalam kegiatan belajar-mengajar. Hasil wawancara dengan guru Biologi SMAN 8 Malang menunjukkan hasil belajar siswa pada materi Jamur masih rendah karena pokok bahasan kurang menarik dan sulit dipahami. Guru sering menggunakan metode ceramah padahal tidak sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 yaitu student centered melalui pendekatan ilmiah. Media permbelajaran seperti bahan ajar/buku sangat dibutuhkan untuk menuntun kreatifitas belajar siswa menjadi lebih aktif. Buku Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Biologi di SMA/MA kelas X belum terealisasi. Guru membebaskan siswa memiliki buku pelengkap lain tanpa ditelaah isinya. Buku yang beredar biasanya tercetak tebal sehingga siswa enggan membawanya ke sekolah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menyusun media pembelajaran yang praktis menarik dan mudah dipahami berbentuk buletin fungi flipbook yang layak dan menarik menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada materi Jamur untuk siswa SMA kelas X. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R D) dan dilakukan pada bulan Januari 2015. Pengujian produk melibatkan 3 ahli yaitu ahli materi ahli media dan ahli praktisi lapangan. Hasil uji kelayakan dilanjutkan pada uji kelompok kecil pada 6 siswa di kelas XI MIA 4 Model ICT dan uji kepraktisan pada 34 siswa di kelas X MIA 4 Model ICT SMAN 8 Malang sekaligus sebagai subjek coba. Data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari angket kelayakan dan angket kepraktisan produk. Data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus prosentase pilihan sedangkan data kualitatif digunakan sebagai pertimbangan revisi. 12288 12288 12288 12288 12288 Perolehan persentase dari uji kelayakan pada produk yang dikembangkan oleh ahli materi sebesar 94% ahli media sebesar 99 1% dan ahli praktisi lapangan sebesar 96 39%. Selain itu hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 84 7% dan uji kepraktisan sebesar 88 09%. Berdasarkan uji validitas atau uji kelayakan dan uji kepraktisan media pembelajaran buletin fungi flipbook dengan model PjBL yang dikembangkan layak dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi khusunya materi Jamur. Saran pemanfaatan produk yang dikembangkan adalah digunakan sebagai sumber belajar pendukung dalam kegiatan pembelajaran dan dilakukan uji efektifitas buletin fungi flipbook hingga tahapan kesepuluh dari prosedur penelitian. Selain itu dilakukan diseminasi produk pada materi dan mata pelajaran lainnya yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25014

Actions (login required)

View Item View Item