Penerapan pembelajaran berbasis masalah dipadu dengan think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batu Jawa Timur / Tri Hardianus Vincentius Gama Putra

Putra, Tri Hardianus Vincentius Gama (2015) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dipadu dengan think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batu Jawa Timur / Tri Hardianus Vincentius Gama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra, Tri Hardianus Vinsensius Gama. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dipadu dengan Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batu Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (II) Dra. Sunarmi, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi     Berdasarkan hasil observasi telah diketahui bahwa kegiatan pembelajaran Biologi di kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batu telah berupaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis, namun kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dikembangkan karena kemampuan berpikir kritis selain berpengaruh terhadap hasil belajar juga memungkinkan seseorang mampu memecahkan suatu permasalahan dalam kehidupan. Alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi adalah Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dipadu dengan Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dipadu dengan Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa.     Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Materi dalam penelitian ini adalah Sistem Kordinasi dan sistem Reproduksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Kemampuan Berpikir Kritis diukur menggunakan Soal tes bentuk essay yang dilaksanakan setiap setiap akhir siklus. Hasil Belajar Biologi diukur menggunakan tes bentuk pilihan ganda yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa diukur menggunakan lembar observasi. Situasi saat proses pembelajaran dicatat dalam catatan lapangan.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa mengalami peningkatan. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 60% mengalami peningkatan menjadi sebesar 26.66% pada siklus II dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 33.33% mengalami peningkatan menjadi 50%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah Penerapan pembelajaran berbasis masalah dipadu dengan think pair share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batu Jawa Timur. Saran yang dapat diberikan adalah pada penerapan pembelajaran ini tidak bisa dilakukan secara madiri oleh siswa. Siswa masih perlu bimbingan dari guru untuk mengarahkan siswa agar fokus pada masalah yang dibahas, persiapan materi yang baik serta menghadirkan isu-isu yang menarik siswa dan Manajemen waktu harus diatur seefektif mungkin untuk mengurangi adanya penambahan waktu yang berlebih untuk melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25010

Actions (login required)

View Item View Item