Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA / Bonny Timutiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA / Bonny Timutiasari

Timutiasari, Bonny (2014) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA / Bonny Timutiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Timutiasari Bonny. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Students Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Masjhudi M.Pd (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Kata kunci Student Teams Achievement Division motivasi hasil belajar 12288 12288 12288 Hasil observasi pada tanggal 21 Oktober 2013 16 Nopember 2013 dan 25 Nopember 2013 di SMAN 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 pada mata pelajaran Biologi masih rendah sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Hal ini dapat diketahui dari kurangnya perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan munculnya rasa bosan pada diri siswa karena beban belajar siswa yang terlalu berat. Perolehan hasil belajar dari beberapa siswa masih belum dapat mencapai skor KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 berdasarkan ketentuan sekolah disebabkan oleh faktor yang telah disebutkan tersebut sehingga dilakukan penelitian model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas XI IPA pada SMAN 1 Kutorejo Mojokerto. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division membuat siswa saling bertukar pikiran dengan kelompoknya. 12288 12288 12288 Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena data yang dihasilkan berupa deskripsi sedangkan data kuantitatif diubah menjadi data kualitatif dengan cara dideskripsikan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase nilai motivasi pada siklus I adalah 84% dan mengalami peningkatan menjadi 93% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 77% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25005

Actions (login required)

View Item View Item