Pengaruh penerapan kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan Cooperative Script (CS) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif IPA, dan retensi siswa Madrasah Tsanawiyah / Robiatul Adawiyah

Adawiyah, Robiatul (2014) Pengaruh penerapan kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan Cooperative Script (CS) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif IPA, dan retensi siswa Madrasah Tsanawiyah / Robiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adawiyah, Robiatul. 2014. Pengaruh Penerapan Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dipadu Dengan Cooperative Script (CS) Terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif IPA, Dan Retensi Siswa MTs. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S. Kata kunci: Numbered Heads Together, Cooperative Script, keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, retensi. Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Masalah yang sering muncul dalam kegiatan pembelajaran yaitu kurangnya keaktifan siswa. Kurangnya keaktifan siswa menunjukkan keterampilan metakognitif siswa belum dikelola dengan baik, sehingga hasil belajar kognitif dan retensi siswa belum cukup baik. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif NHT dipadu dengan Cooperative Script (CS). Pembelajaran kooperatif NHT dipadu dengan CS berpotensi memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi karena dengan menerapkan pembelajaran kooperatif NHT dipadu dengan CS lebih menuntut siswa untuk bertanggungjawab terhadap penyelesaian tugasnya melalui kegiatan mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari sumber yang diperoleh kemudian disampaikan kepada teman sebayanya. Tujuan penelitian ini ialah: 1) mengetahui pengaruh penerapan kooperatif NHT dipadu dengan CS terhadap keterampilan metakognitif siswa MTs, 2) mengetahui pengaruh penerapan kooperatif NHT dipadu dengan CS terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa MTs, 3) mengetahui pengaruh penerapan kooperatif NHT dipadu dengan CS terhadap retensi siswa MTs. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah pembelajaran kooperatif NHT dipadu dengan CS dan model pembelajaran multistrategi. Variabel terikat adalah keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Bajangan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan VIII-B sebagai kelas eksperimen. Keterampilan metakognitif diukur menggunakan rubrik metakognitif. Hasil belajar kognitif dan retensi diukur dengan menggunakan tes essay. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes dan postes. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05). Sebelum uji anakova, dilakukan uji normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan levene tes. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan kooperatif NHT dipadu dengan CS berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa MTs, 2) penerapan kooperatif NHT dipadu dengan CS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa MTs, 3) penerapan kooperatif NHT dipadu dengan CS berpengaruh terhadap retensi siswa MTs. Penerapan kooperatif NHT dipadu dengan CS terbukti dapat memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25002

Actions (login required)

View Item View Item