Pengembangan multimedia interaktif tentang pengenalan dasar-dasar komputer untuk mahasiswa program studi teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Arif Ammrullah

Ammrullah, Arif (2011) Pengembangan multimedia interaktif tentang pengenalan dasar-dasar komputer untuk mahasiswa program studi teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Arif Ammrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Dasar-dasar Komputer Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan manfaat atau nilai tertentu dari segi penggunaanya, karena dalam penyampaianya memadukan unsur audio, visual serta interaktifitas sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan observasi awal dilapangan adalah masih menggunakan metode ceramah dan media presentasi. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan sumber belajar yang berupa multimedia yang didesain dalam bentuk bahan ajar multimedia interaktif. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa bahan ajar multimedia interaktif tentang pengenalan dasar-dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan multimedia oleh ahli media dan ahli materi kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar multimedia tersebut. Hasil penelitian pengembangan ini berupa multimedia interaktif tentang pengenalan dasar-dasar komputer. Media tersebut divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa. Adapun saran perbaikan dari ahli materi tambahan jenis laptop dan netbook, perlu penambahan materi dan interaksi dan perlu penambahan animasi interaktif/video instalasi perangkat. Saran perbaikan ahli media adalah perkaya foto/ilustrasi yang relevan, audio agar diperkaya pilihan iringan musik yang lebih bervariatif dan dapat terkontrol dan tombol pendukung dijadikan satu lokasi dan penempatannya yang sesuai. Hasil validasi tersebut adalah 1) data ahli materi pada kriteria kelayakan interaktif dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 95%, 2) data ahli media pada kriteria kelayakan interaktif dikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 89,38%, 3) data uji perseorangan diperoleh 85% , kelompok kecil diperoleh 85,4% dan hasil uji coba lapangan yang diperoleh adalah 88% sehingga pada kriteria kelayakan interaktif dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran tentang pengenalan dasar-dasar komputer untuk mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidiakan Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item