Penerapan pembelajaran discovery untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar / Qoni'ah Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran discovery untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar / Qoni'ah Kusuma Wardani

Wardani, Qoni'ah Kusuma (2014) Penerapan pembelajaran discovery untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar / Qoni'ah Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Qoni ah Kusuma. 2014. Penerapan Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd. (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci Pembelajaran discovery motivasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi awal pada bulan April dan September 2013 menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar masih rendah. Siswa terlihat kurang antusias mengikuti pem-belajaran yang ditunjukkan dengan sikap acuh belum berani mengungkapkan pendapat dan pasif selama proses pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar siswa yaitu rerata ketuntasan klasikal siswa masih mencapai 57 14% dan masih jauh dari ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 85%. Perbaikan dalam proses pendidikan harus terus dilakukan untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif bermakna dan menjadikan siswa aktif serta kreatif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mene-rapkan pembelajaran discovery yaitu metode yang menuntut siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran dan menemukan konsep sendiri melalui kegiatan pengamatan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertu-juan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II selama 3 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2013. Subyek penelitian adalah 26 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa keterlaksanaan pembelajaran (diukur dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran) motivasi belajar (diukur dengan lembar observasi dan angket) dan hasil belajar yang terdiri atas aspek kognitif (diukur dengan tes akhir setiap siklus) aspek afektif (diukur dengan lembar penilaian afektif) dan aspek psikomotorik (diukur dengan lembar penilaian psikomotorik). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase motivasi klasikal berdasarkan hasil observasi meningkat dari 76 8% menjadi 86 9% dengan kategori sangat baik. Motivasi siswa berdasarkan angket meningkat dari skor 3 86 menjadi 3 96 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat 73 1% menjadi 85%. Rerata klasikal hasil belajar afektif siswa meningkat dari 67 3 mencapai 74 9 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik siswa meningkat dari 77% menjadi 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran discovery terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item