Pengaruh pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap motivasi, hasil belajar, dan retensi siswa kelas X SMA Malang pada pembelajaran biologi / Fatia Rosyida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap motivasi, hasil belajar, dan retensi siswa kelas X SMA Malang pada pembelajaran biologi / Fatia Rosyida

Rosyida, Fatia (2014) Pengaruh pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap motivasi, hasil belajar, dan retensi siswa kelas X SMA Malang pada pembelajaran biologi / Fatia Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosyida Fatia. 2014. Pengaruh Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap Motivasi Hasil Belajar dan Retensi Siswa Kelas X SMA Malang pada Pembelajaran Biologi. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A. Duran Corebima. M. Pd. (2) Dra. Eko Sri Sulasmi M. S. Kata Kunci Pembelajaran SSCS Motivasi Hasil Belajar Retensi Masalah yang banyak ditemukan dari beberapa penelitian adalah masih rendahnya motivasi hasil belajar dan retensi siswa. Hasil observasi di SMAN 1 Malang menunjukkan pembelajaran Biologi di SMAN 1 Malang sudah meng-gunakan model pembelajaran yang bervariasi tetapi masih belum dapat me-ningkatkan hasil belajar siswa. Siswa kurang tertarik dan merasa bosan dengan pembelajaran Biologi karena mereka beranggapan pembelajaran Biologi meng-hafal materi. Motivasi belajar masih rendah mengakibatkan hasil belajar dan retensi belajar menurun. Salah satu cara untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan pembelajaran SSCS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SSCS terhadap motivasi hasil belajar dan retensi siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasi mencakup seluruh siswa SMAN 1 Malang Kelas X MIA tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 30 orang dan siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretes-Postest Nonequivalent Control Group Design. Data motivasi diperoleh dari angket motivasi yang dianalisis dengan anakova dan lembar observasi motivasi dianalisis dengan anova. Data hasil belajar kognitif yang diperoleh dari hasil pretes dan postes dianalisis dengan Anakova. Data hasil belajar psikomotor diperoleh dari lembar pengamatan psikomotor siswa dianalisis secara deskriptif. Data retensi belajar diperoleh dari hasil postes dan tes retensi dianalisis dengan anakova. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data angket motivasi dan lembar observasi motivasi diperoleh Sig. p 0 05. Berdasarkan angket peningkatan motivasi pada pembelajaran SSCS lebih tinggi sebesar 5 12% dibandingkan pada pembelajaran konvensional sedangkan berdasarkan lembar observasi motivasi menunjukkan 50 79% lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Analisis data hasil belajar kognitif diperoleh Sig. p 0 05. Hasil belajar kognitif pada pembelajaran SSCS lebih tinggi 44 959% dibandingkan pada pembelajaran konvensional sedangkan hasil belajar psikomotor pada pembelajaran SSCS lebih tinggi 2 8 % dibandingkan pada pembelajaran konvensional. Analisis data hasil retensi siswa diperoleh Sig. p 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran SSCS berpengaruh terhadap motivasi hasil belajar kognitif hasil belajar psikomotor tetapi tidak berpengaruh terhadap retensi belajar siswa. Saran pembelajaran SSCS harus lebih sering diterapkan dalam pembelajaran agar siswa lebih mengembang-kan kemampuan bernalar berpikir dan memahami konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24996

Actions (login required)

View Item View Item