Penerapan model SAVI (Somatik, Auditori, Vusual, Intelektual) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang melalui PPL berbasis lesson study / AH. Hasan Taufiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model SAVI (Somatik, Auditori, Vusual, Intelektual) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang melalui PPL berbasis lesson study / AH. Hasan Taufiq

Taufiq, AH. Hasan (2014) Penerapan model SAVI (Somatik, Auditori, Vusual, Intelektual) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang melalui PPL berbasis lesson study / AH. Hasan Taufiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taufiq Hasan. Ah. 2012. Penerapan Model SAVI (Somatik Auditori Visual Intelektual) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi SMA Kelas X SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang Melalui PPL Berbasis Lesson Study. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Kata Kunci Model SAVI Motivasi Hasil Belajar PPL berbasis Lesson Study Terdapat tiga jenis gaya belajar berdasarkan modalitas yang digunakan individu dalam memproses informasi (perceptual modality). Ketiga gaya belajar tersebut adalah gaya belajar visual (belajar dengan cara melihat) auditory (belajar dengan cara mendengar) dan kinesthetic (belajar dengan cara bergerak bekerja dan menyentuh). Gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar siswa. Siswa dapat berkembang dengan lebih baik jika diberikan pengajaran yang sesuai dengan gaya belajarnya walau terkadang siswa mempunyai lebih dari satu gaya belajar. Model SAVI (somatik auditori visual dan intelektual) dapat melayani itu semua karena dalam model SAVI dikembangkan dengan 3 gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tindakan yang diberikan adalah menerapkan model SAVI melalui PPL berbasis lesson study dengan siklus plan do see. Penelitian dilakukan di sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA) pada kelas X di SMA Taman Madya Malang. Pengambilan data dilaksanakan di kelas X. Gaya belajar siswa dianalisis dengan menggunakan angket gaya belajar. Pada saat pelaksanaan tindakan observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas siswa pelaksanaan lesson study dan motivasi belajar siswa selama pembelajaran. Peneliti bertindak sebagai perancang penelitian sekaligus sebagai guru model dan observer. Cara menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model SAVI selama PPL berbasis lesson study dapat terlaksana sesuai lembar monitoring plan do see. Setelah dilakukan 6 open class terjadi peningkatan pada seluruh aspek motivasi belajar siswa meliputi ARCS maupun klasikal. Penelitian ini diukur dengan menggunakan angket motivasi ARCS lembar observasi motivasi keterlaksanaan model SAVI angket refleksi siswa setelah pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar siswa kogintif afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum open class dan setelah open class dan dari pelaksanaan siklus 1 sampai siklus 6 hal ini karena telah dilakukan refleksi berdasarkan open class pada pembelajaran sebelumnya. Melalui model SAVI selama PPL berbasis lesson study kemampuan mahasiswa sebagai calon pendidik meningkat. Peningkatan ini menjadikan motivasi dan hasil belajar siswa juga ikut meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24995

Actions (login required)

View Item View Item