Pengaruh peta konsep pada pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Efi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh peta konsep pada pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Efi Kurniasari

Kurniasari, Efi (2014) Pengaruh peta konsep pada pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Efi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniasari Efi. 2014. Pengaruh Peta Konsep pada Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd (2) Dr. H. Abdul Gofur M. Si. Kata Kunci Numbered Heads Together (NHT) Peta Konsep Hasil Belajar Kognitif Afektif dan Keterampilan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh peta konsep pada pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang. Masalah yang ditemukan pada saat observasi adalah kondisi pembelajaran yang monoton berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas XI-IA5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-IA4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu pembelajaran kooperatif NHT dan pembelajaran kooperatif NHT dipadu dengan Peta Konsep. Variabel terikat yang digunakan adalah hasil belajar siswa meliputi hasil belajar kognitif afektif dan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk tes kemampuan kognitif berupa pretest dan posttest lembar penilaian afektif dan keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anakova dan Uji-t melalui program SPSS 12.0 yang sebelumnya telah diuji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan afektif namun pada hasil belajar keterampilan tidak ada pengaruh antara siswa yang mendapatkan perlakuan NHT dipadu Peta Konsep dengan siswa yang mendapatkan perlakuan NHT. Hal ini disebabkan model pembelajaran NHT dipadu Peta Konsep lebih mampu memotivasi dan membuat siswa siap dalam belajar di kelas siswa menjadi lebih mudah menguasai konsep dan prinsip materi yang dipelajari. Pada hasil belajar keterampilan tidak mengalami perbedaan ini disebabkan kedua kelas tersebut sama-sama melakukan kegiatan praktikum. Pembelajaran yang menggunakan praktikum/ pengamatan ini membuat semua siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran. Perpaduan model pembelajaran NHT dengan Peta Konsep sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan hasil tersebut saran yang diperoleh adalah lebih mengembangkan lagi penelitian yang mencakup aspek keterampilan dan menambahkan aspek motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24994

Actions (login required)

View Item View Item