Penerapan pendekatan salingtemas dengan menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas X MAN 2 Tulungagung / Nofita Mittaku Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan salingtemas dengan menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas X MAN 2 Tulungagung / Nofita Mittaku Rohmah

Rohmah, Nofita Mittaku (2014) Penerapan pendekatan salingtemas dengan menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas X MAN 2 Tulungagung / Nofita Mittaku Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohmah Nofita Mittaku. 2014. Penerapan Pendekatan SALINGTEMAS dengan Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas X MAN 2 Tulungagung. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dra. Hj. Susilowati M.S. Kata Kunci SALINGTEMAS Problem Based Learning kemampuan berpikir kritis sikap peduli lingkungan 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu harapan kurikulum 2013 adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga siswa akan memiliki kompetensi sikap keterampilan dan pengetahuan yang jauh lebih baik. Salah satu pembelajaran yang dapat memenuhi harapan tersebut adalah pendekatan SALINGTEMAS dengan penggunaan model PBL. Pembelajaran yang menghadirkan permasalahan nyata mengenai perubahan lingkungan akibat perkembangan sains maupun teknologi yang berdampak pada masyarakat ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa. Hasil observasi dari pembelajaran biologi kelas X-C dan XI IPA 2 MAN 2 Tulungagung diketahui kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa masih belum maksimal. Siswa cenderung menerima begitu saja materi yang sudah dijelaskan oleh penyaji. Menurut siswa membersihkan ruang kelas dari sampah-sampah yang dibuat oleh teman itu bukan tanggung jawab mereka. Berkaitan dengan hal itu maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas X MAN 2 Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Pada pelaksanaan tindakan siklus II terjadi perubahan tindakan sesuai refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pendekatan SALINGTEMAS dengan penggunaan model PBL catatan lapangan lembar observasi kemampuan berpikir kritis soal tes kemampuan berpikir kritis dan soal tes sikap peduli lingkungan. Ana li sis data disusun melalui tahapan-tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan SALINGTEMAS dengan penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X-C MAN 2 Tulungagung. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil observasi kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 75 52% dan pada siklus II menjadi 82 81%. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 68 75% dan pada siklus II menjadi 84 37%. Hasil tes sikap peduli lingkungan pada siklus I sebesar 71 87% dan pada siklus II menjadi 90 63%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item View Item