Penerapan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan proses peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Malang pada materi kingdom animalia / Lailatul Qomariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan proses peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Malang pada materi kingdom animalia / Lailatul Qomariah

Qomariah, Lailatul (2014) Penerapan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan proses peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Malang pada materi kingdom animalia / Lailatul Qomariah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Qomariah Lailatul. 2014. Penerapan Pembelajaran Melalui Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Sikap Pengetahuan dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X MIA 4 SMAN 3 Malang Pada Materi Kingdom Animalia. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. (2) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S Kata Kunci Pendekatan Ilmiah Sikap Pengetahuan Keterampilan Proses. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X MIA 4 SMAN 3 Malang diketahui bahwa guru telah menggunakan Kurikulum 2013 namun pada pelaksanaannya belum dapat sepenuhnya dikatakan sesuai. Berdasarkan hasil observasi juga diketahui bahwa sebagian besar peserta didik belum memenuhi tuntutan kompetensi sesuai dengan Kurikulum 2013. Kompetensi yang dirasa kurang adalah pada ranah sikap dan keterampilan proses peserta didik sehingga berdampak pula pada ranah pengetahuan peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembe lajaran melalui pendekatan ilmiah dalam meningkatkan sikap pengetahuan dan keterampilan proses peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian tindakan kelas adalah perenca naan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada materi Animalia selama 2 siklus pene litian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Ranah sikap peserta didik diukur menggunakan lembar observasi sikap. Ranah pengetahuan peserta didik diukur menggunakan tes yang dilak sanakan setiap akhir siklus. Keterampilan proses peserta didik diukur menggunakan lembar observasi keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ranah sikap pengetahuan dan keterampilan proses mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi ranah sikap pada siklus I sebesar 71 52% mengalami peningkatan menjadi sebesar 86 96% pada siklus II. Hasil ranah pengetahuan peserta didik pada siklus I sebesar 70 27% meningkat menjadi sebesar 86 49% pada siklus II. Ranah keterampilan proses peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 77 03% menjadi sebesar 90 23% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah dapat meningkatkan sikap pengetahuan dan keterampilan proses peserta didik kelas X MIA 4 SMAN 3 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran diantaranya 1) dalam pembuatan indikator ranah sikap harus disesuaikan dengan kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta didik 2) pengelolaan waktu dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik terutama dalam kegiatan mengamati dan mencoba dan 3) indikator yang digunakan dalam keterampilan proses harus jelas dan dapat dibedakan dengan indikator sikap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24989

Actions (login required)

View Item View Item