Kajian implementasi lesson study pada pengembangan pembelajaran IPA berbasis inkuiri dan PBL kelas VII SMP untuk meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar peserta didik dan keprofesionalan guru / Dyah Kusuma Wardhani Syabikhisma Arsy - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian implementasi lesson study pada pengembangan pembelajaran IPA berbasis inkuiri dan PBL kelas VII SMP untuk meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar peserta didik dan keprofesionalan guru / Dyah Kusuma Wardhani Syabikhisma Arsy

Arsy, Dyah Kusuma Wardhani Syabikhisma (2014) Kajian implementasi lesson study pada pengembangan pembelajaran IPA berbasis inkuiri dan PBL kelas VII SMP untuk meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar peserta didik dan keprofesionalan guru / Dyah Kusuma Wardhani Syabikhisma Arsy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arsy Dyah Kusuma Wardhani Syabikhisma.2014. Kajian Implementasi Lesson Study pada Pengembangan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri dan PBL Kelas VII SMP untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Hasil Belajar Peserta Didik Dan Keprofesionalan Guru. Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd (II) Balqis S.Pd M.Si. Kata Kunci Lesson Study Motivasi Belajar Hasil Belajar Keprofesionalan Guru Penelitian tentang kajian Implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran IPA berbasis inkuiri dan PBL kelas VII SMP untuk meningkatkan motivasi belajar hasil belajar peserta didik dan keprofesionalan guru dilatarbelakangi oleh 1) kurangnya pengalaman guru SMPN 4 Nguling dalam melaksanakan LS 2) kurangnya pengalaman dalam Lesson Study membuat keprofesionalan terutama dalam kompetensi pedagogik kurang ditingkatkan 3) Pengiriman tugas guru dalam pelatihan seperti pelatihan sertifikasi dan work shop kurikulum 2013 menurut kepala sekolah belum terlalu terlihat dampaknya 4) kurangnya pelaksanaan LS membuat kolaborasi antar guru dalam menentukan pembelajaran yang inovatif dan refleksi untuk perbaikan kualitas proses pembelajaran menjadi kurang sehingga berdampak pada motivasi dan hasil belajar peserta didik khususnya kelas VII B SMPN 4 Nguling masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan masalah utama penelitian yakni (1) Bagaimanakah implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi peserta didik (2) Bagaimanakah implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) Bagaimanakah implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran dapat meningkatkan keprofesionalan guru Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah kaji pembelajaran. Terdiri dari 5 siklus tiap siklus terdiri dari tahap plan do dan see. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMPN 4 Nguling dan anggota tim Lesson Study untuk dinilai keprofesionalannya.Data yang diambil dari penelitian ini adalah (1) Data keterlaksanaan Lesson Study meliputi kegiatan plan do dan see diukur dengan lembar keterlaksanaa (2) Data keterlaksanaan pembelajaran dengan model Inkuiri dan PBL diukur dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran (3) Data motivasi belajar peserta didik yang diukur melalui lembar observasi dan anket motivasi (4) data hasil belajar kognitif peserta didik diukur melalui tes dan hasil belajar afektif dan psikomotor menggunakan lembar penilaian afektif dan psikomotor (5) Data keprofesionalan guru diukur dengan lembar penilaian keprofesionalan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi peserta didik pada aspek Attention Relevance Confidence dan Sattisfaction. Implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif psikomotor dan afektif. Peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik disebabkan oleh adanya peningkatan kualitas pembelajaran melalui pengkajian pembelajaran. Implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran dapat meningkatkan keprofesionalan guru pada kompetensi pedagogik. Peningkatan keprofesionalan terjadi karena selama kegiatan Lesson Study selalu dilaksanakan tiga kegiatan pokok yaitu plan yang mencangkup penentuan tujuan pembelajaran perencanaan pembelajaran serta penilaian kemudian dilaksanakan kegiatan do atau pelaksanaan pembelajran disertai observasi dan yang terahir kegiatan see/refleksi untuk didiskusikan temuan observer dan perbaikan untuk proses pembelajaran selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik melalui peningkatan kualitas pembelajaran. Implementasi Lesson Study pada pengembangan pembelajaran juga dapat meningkatkan keprofesionalan guru terutama pada kompetensi pedagogik. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah untuk merencanakan implementasi Lesson Study lebih lama sehingga peningkatan yang diharapkan baik dari segi motivasi belajar hasil belajar dan keprofesionalan guru dapat semakin terlihat. Disarankan agar peneliti selanjutnya dapat merancang kegiatan Lesson Study dimana guru yang berperan sebagai observer diberikan kesempatan untuk mempraktikan didalam kelas sehingga kompetensi pedagogik dapat tergali maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item View Item