Penerapan pendekatan kontektual dengan model Rhink Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang, Malang / Rara Prasetyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontektual dengan model Rhink Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang, Malang / Rara Prasetyan

Prasetyan, Rara (2014) Penerapan pendekatan kontektual dengan model Rhink Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang, Malang / Rara Prasetyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetyan Rara. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang Malang. Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. M. Noviar Darkuni M.Kes. (II) Drs. H. Triastono I.P. M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Kontekstual Model Think Pair Share Motivasi Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang pada saat kegiatan PPL yang dilakukan seminggu sekali dengan metode ceramah diperoleh data bahwa hampir 40% siswa terlihat malas dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran motivasi belajar siswa juga masih kurang. Ketuntasan belajar klasikal siswa untuk mata pelajaran Biologi pada ujian akhir sekolah (UAS) hanya 36 6%. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Pendekatan kontekstual adalah suatu pembelajaran yang mengaitkan pelajaran dengan kehidupan nyata. Model pembelajaran kooperatif TPS merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpikir secara individu (Think) bekerja sama dengan teman sebangku (Pair) dan saling berbagi satu sama lain (Share). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan melalui pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran TPS. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 4 Maret-25 Maret 2014. Data penelitian berupa motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif TPS dapat (1) meningkatkan motivasi belajar Biologi siswa sebesar 15 55 % yaitu 65 56 % motivasi klasikal pada siklus I menjadi 81 11 % pada motivasi klasikal siklus II (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif sebesar 33 34 % yaitu dari 53 33 % pada siklus I menjadi 86 67 % pada siklus II (3) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran TPS meningkat 13% yaitu 87 % pada siklus I menjadi 100 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang Malang. Saran bagi guru dan peneliti berikutnya adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat menerapkan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran TPS guru harus lebih memperhatikan sintaks dalam pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan model TPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24985

Actions (login required)

View Item View Item