Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasiul belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Nasional Malang / Eka Arum Sasi Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasiul belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Nasional Malang / Eka Arum Sasi Mahardika

Mahardika, Eka Arum Sasi (2014) Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasiul belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Nasional Malang / Eka Arum Sasi Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahardika Eka Arum Sasi. 2014. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Nasional Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Masjhudi M.Pd (II) Balqis S.Pd M.Si. Kata kunci pembelajaran inkuiri terbimbing mind mapping motivasi belajar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru Biologi kelas X MIA SMA Nasional Malang. Hasil belajar siswa masih rendah karena nilai ujian akhir semester dari 17 siswa kelas X MIA 47% tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Nilai KKM mata pelajaran Biologi di SMA Nasional Malang adalah 70. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Materi yang diajarkan adalah Dunia Tumbuhan pada siklus I dengan sub materi Tumbuhan Lumut dan Paku sedangkan pada siklus II dengan sub materi Tumbuhan Berbiji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Motivasi belajar siswa meningkat pada tiap aspek dari siklus I ke siklus II yaitu (a) attention meningkat dari 81 45% menjadi 94 7% (b) relevance meningkat dari 49 46% menjadi 82 83% (c) confidence meningkat dari 69 35% menjadi 79 55% (d) satisfaction meningkat dari 79 57% menjadi 90 91%. Berdasarkan angket motivasi belajar siswa yang diisi sebelum dan sesudah diberi tindakan juga mengalami peningkatan pada tiap aspek yaitu (a) attention dari 59 51% meningkat menjadi 74 75% (b) relevance dari 74 67% meningkat menjadi 82 68% (c) confidence dari 59 15% meningkat menjadi 75 82% (d) satisfaction dari 66 67% meningkat menjadi 81 62%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar kognitif siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70 6% meningkat menjadi 88 2% pada siklus II. Hasil belajar psikomotorik siswa meningkat dari 65 95% pada siklus I menjadi 82.43% pada siklus II. Motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Nasional Malang mengalami peningkatan melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping. Saran untuk guru agar menggunakan pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item View Item