Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai mind mapping terhadap hasil belajar spiritual, keterampilan proses, dan pengetahuan biologi siswa berkemampuan akademik berbeda kelas XI IPA MAN Malang 1 / Anisa Khumairo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai mind mapping terhadap hasil belajar spiritual, keterampilan proses, dan pengetahuan biologi siswa berkemampuan akademik berbeda kelas XI IPA MAN Malang 1 / Anisa Khumairo

Khumairo, Anisa (2014) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai mind mapping terhadap hasil belajar spiritual, keterampilan proses, dan pengetahuan biologi siswa berkemampuan akademik berbeda kelas XI IPA MAN Malang 1 / Anisa Khumairo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khumairo Anisa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Spiritual Keterampilan Proses dan Pengetahuan Biologi Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda Kelas XI IPA MAN Malang 1. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si. Kata kunci Guided Inquiry disertai Mind Mapping Spiritual Keterampilan Proses Pengetahuan Berkemampuan Akademik Berbeda 12288 12288 12288 12288 Pemerintah sedang marak mensosialisasikan penerapan Kurikulum 2013 yang berbasis scientific approach (pendekatan ilmiah). Adanya penerapan kuri-kulum baru maka hasil belajar yang harus dicapai siswa menjadi semakin kom-pleks yang meliputi hasil belajar kompetensi sikap spiritual (KI-1) hasil belajar kompetensi sikap sosial (KI-2) hasil belajar kompetensi pengetahuan (KI-3) dan hasil belajar kompetensi keterampilan (KI-4). Karena kurikulum yang baru menganut pendekatan ilmiah maka model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran ilmiah seperti inquiry problem based learning project based learning. Berdasarkan data hasil observasi di lapangan guru masih menggunakan model pembelajaran yang belum menerapkan pendekatan ilmiah. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping terhadap hasil belajar spiritual keterampilan proses dan pengetahuan Biologi siswa berkemampuan akademik berbeda kelas XI IPA MAN Malang 1. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk desain yang dipilih adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Malang 1. Sampel yang diambil menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling) adalah kelas XI IPA 3 (kelas kontrol) dan XI IPA 6 (kelas eksperimen). Data hasil belajar spiritual dikumpulkan melalui angket tes kuisioner terstruktur atau terbuka. Data hasil belajar keterampilan proses dan pengetahuan dikumpul-kan melalui soal tes. Ketiga hasil belajar tersebut diperoleh melalui skor pretest dan posttest. Analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis statistik. Analisis statistik dilakukan uji analisis kovarian (ANAKOVA) dengan taraf signifikan 5% atau 0.05. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama model pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar spiritual Biologi siswa berkemam-puan akademik berbeda. Kedua model pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan proses Biologi siswa berkemampuan akademik berbeda. Ketiga model pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan Biologi siswa berkemampuan akademik berbeda (tinggi dan rendah). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan yaitu 1) kisi-kisi jawaban angket terstruktur atau terbuka dalam penilaian sikap spiritual agar dapat mengakomodasi semua jawaban siswa 2) pengalaman belajar masa lalu siswa tentang keterampilan proses yang melekat pada diri siswa perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan hasil belajar keterampilan proses 3) fenomena-fenomena yang memperkaya pengetahuan siswa perlu dirancang untuk mem-perkaya pengalaman belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24983

Actions (login required)

View Item View Item