Pengembangan media pembelajaran audio-visual berbasis teknologi komunikasi mobile pada materi sistem pencernaan kelas IX / Nurul Fitriatus Salma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran audio-visual berbasis teknologi komunikasi mobile pada materi sistem pencernaan kelas IX / Nurul Fitriatus Salma

Salma, Nurul Fitriatus (2014) Pengembangan media pembelajaran audio-visual berbasis teknologi komunikasi mobile pada materi sistem pencernaan kelas IX / Nurul Fitriatus Salma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salma Nurul Fitriatus.2014.Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Teknologi Komunikasi Mobile Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Nuning Wulandari S.Si. M.Si. Kata kunci media audio-visual Sistem Pencernaan Manusia Teknologi Komunikasi Mobile 12288 12288 12288 Materi biologi yang bersifat abstrak membutuhkan model makroskopis yang memerlukan media yang dapat memvisualisasi. Media visualisasi tidaklah cukup sehingga dibutuhkan suara (audio) supaya siswa dapat belajar mandiri. Media audio-visual dengan perkembangan teknologi informasi mobile (hand phone) yang akrab dengan siswa. Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Kepanjen siswa tidak memanfaatkan buku dengan baik. Siswa lebih memilih mendengarkan penjelasan guru. Hampir 99% siswa di SMA Negeri Kepanjen memiliki Hand Phone yang sudah mampu memutar video diantaranya yaitu android black berry dan windows 8 sehingga sangat mendukung untuk pengembangan media berbasis mobile ini. 12288 12288 12288 12288 Metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media audio-visual berbasis teknologi mobile adalah model pengembangan menurut Borg Gall dalam Akbar (2010). Model pengembangan ini terdiri dari 10 tahap yaitu (1) pengumpulan informasi melalui literatur dan observasi kelas untuk menemukan masalah (2) perencanaan menentukan kecakapan tujuan langkah-langkah dan uji kelayakan skala kecil (3) merancang produk awal (4) uji awal produk (5) revisi produk berdasarkan masukan-masukan dari hasil uji lapangan utama. Produk yang telah dikembangkan berbentuk file video pembelajaran yang dikemas dalam bentuk compact disc (CD) dan dapat dijalankan menggunakan komputer dan hand phone. Kelebihan dari produk yang telah dikembangkan bertujuan untuk siswa belajar mandiri berisi panduan antara teks gambar animasi audio serta telah dilakukan validasi. Kekurangan media pembelajaran yang telah dikembangkan ini adalah kurang interaktif dan pembelajaran secara linier. 12288 12288 12288 12288 Validator media adalah dosen ahli media dari Jurusan Teknologi Pendidikan sedangkan validator isi adalah dosen biologi UM hasil validasi dengan hasil 88% dan guru biologi yang memiliki pengalaman lebih dari lima tahun menggunakan media pembelajaran saat mengajar dengan hasil 92 5%. Uji kelayakan media dilakukan pada sepuluh siswa SMA Negeri 1 Kepanjen dengan hasil 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24980

Actions (login required)

View Item View Item