Pengembangan multimedia interaktif materi archaebacteria dan eubacteria untuk peserta didik SMAN 1 Bangil kelas X / Hikmah Maulidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif materi archaebacteria dan eubacteria untuk peserta didik SMAN 1 Bangil kelas X / Hikmah Maulidiyah

Maulidiyah, Hikmah (2014) Pengembangan multimedia interaktif materi archaebacteria dan eubacteria untuk peserta didik SMAN 1 Bangil kelas X / Hikmah Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulidiyah Hikmah. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Archaebacteria Dan Eubacteria Untuk Peserta Didik SMAN 1 Bangil Kelas X. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie I. M.S (II) Agung Witjoro S.Pd M.Kes. Kata Kunci multimedia interaktif Archaebacteria dan Eubacteria SMAN 1 Bangil Media dalam pembelajaran adalah perantara dalam penyampaian materi. Berbagai jenis media telah dikembangkan di sekolah termasuk di SMAN 1 Bangil. Media pembelajaran yang telah dikembangkan di SMAN 1 Bangil dan juga sering digunakan adalah media powerpoint. Media powerpoint tersebut dalam prakteknya belum mampu melibatkan peserta didik untuk berinteraksi secara aktif dalam pembelajaran sehingga penyampaian materi belum maksimal. Multimedia interaktif adalah salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan interaktifitas peserta didik. Selain mampu meningkatkan interaktifitas peserta didik multimedia interaktif juga mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu seperti penyampaian materi Archaebacteria dan Eubacteria. Keadaan yang menyebabkan penyampaian materi belum maksimal tersebut di kelas X MIA 1 SMAN 1 Bangil menyebabkan hasil belajar 12 dari 36 peserta didik setelah mengikuti pembelajaran materi Archaebacteria dan Eubacteria belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 78. Berkaitan dengan permasalahan yang telah dikemukakan penelitian mengenai pengembangan multimedia interaktif pada materi Archaebacteria dan Eubacteria dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa multimedia interaktif dengan materi Archaebacteria dan Eubacteria yang mampu menciptakan interaksi secara aktif bagi peserta didik dalam proses pembelajaran yang bermakna dan mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif. Model penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket validasi multimedia interaktif oleh validator ahli materi media praktisi lapangan dan peserta didik sedangkan data kualitatif merupakan data yang diperoleh dari penilaian multimedia interaktif berupa saran dan komentar dari validator dan peserta didik. Kegiatan analisis data dilakukan untuk mengetahui persentase tingkat kevalidan dan kelayakan multimedia interaktif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa persentase hasil validasi multimedia interaktif materi Archaebacteria dan Eubacteria oleh validator ahli materi media praktisi lapangan dan pengguna secara berurutan adalah 97 13% 81 50% 99 75% dan 96 10%. Kriteria yang diberikan oleh semua validator menunjukkan kriteria sangat valid sehingga multimedia interaktif layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24976

Actions (login required)

View Item View Item