Penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu / Dwi Tika Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu / Dwi Tika Ratna Sari

Sari, Dwi Tika Ratna (2014) Penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu / Dwi Tika Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Dwi Tika Ratna. 2014. Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN Malang II Kota Batu. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo M.Pd (II) Drs. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) kemampuan berpikir kritis hasil belajar biologi MAN Malang II Kota Batu Pembelajaran biologi yang dilakukan di kelas X-6 MAN Malang II Kota Batu kurang memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa dan belum mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil observasi awal dan wawancara terhadap guru mata pelajaran biologi kelas X-6 soal ulangan harian yang diberikan masih menggunakan soal dengan tingkat kognitif C1-C3 hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 56 25 %. Upaya untuk mengarahkan siswa dalam mengembangkan penalaran dan kemampuan berpikir kritisnya diperlukan pola PBMP dalam pembelajaran sehingga hasil akhir yang dicapai yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 semester genap tahun ajaran 2013/2014 MAN Malang II Kota Batu yang terdiri dari 11 laki-laki dan 21 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam 3 siklus setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen menggunakan tes dan rubrik kemampuan berpikir kritis untuk memperoleh nilai kemampuan berpikir kritis. Hasil belajar terdiri dari hasil belajar kognitif dengan menggunakan tes dan hasil belajar afektif dengan lembar observasi afektif siswa saat diskusi. Teknik analisis data dengan verifikasi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar sebesar 3 13% pada siklus I meningkat menjadi 31 25% pada siklus II dan 71 88% pada siklus III. 2) Hasil belajar kognitif siswa meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62 5% pada siklus I meningkat menjadi 65 6% pada siklus II dan 75% pada siklus III. 3) Hasil belajar afektif siswa meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar afektif sebesar 31 25% pada siklus I meningkat menjadi 75% pada siklus II dan 96 88% pada siklus III. Saran dari penelitian ini adalah (1) guru perlu memberikan instruksi kepada siswa sebelum pembelajaran dengan pola PBMP bahwa pada sintaks PBMP tidak ada penyampaian secara informatif seluruhnya dilakukan oleh siswa dengan mengacu pada Lembar Siswa PBMP (2) guru atau peneliti lain hendaknya mengadakan pre test sebelum pembelajaran PBMP agar siswa lebih termotivasi dalam mengerjakan Lembar Siswa PBMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item