Penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMAN 5 Malang / Lita Bandi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMAN 5 Malang / Lita Bandi Astuti

Astuti, Lita Bandi (2014) Penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMAN 5 Malang / Lita Bandi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti Lita Bandi. 2014. Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Critical Incident Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 5 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si. M.Si. Kata Kunci Strategi Pembelajaran Aktif Critical Incident Lesson Study Motivasi Belajar Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa untuk belajar Biologi masih kurang dan siswa belum menemukan ketertarikan dalam belajar Biologi. Pemahaman siswa tentang Biologi terlalu teoritis berpaku pada buku paket dan pembelajaran juga kurang berbasis pengalaman nyata siswa. Strategi pembelajaran aktif Critical Incident (CI) adalah pembelajaran yang menggunakan pengalaman penting siswa untuk dihubungkan dengan materi pelajaran. Pembelajaran berbasis Lesson Study (LS) berarti pada kegiatan belajar dan mengajar guru berkolaborasi untuk melakukan tahap plan do dan see yang merupakan tahapan LS. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif CI berbasis LS (2) meningkatkan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif CI berbasis LS dan (3) mengetahui pendapat siswa tentang penerapan strategi pembelajaran aktif CI dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dirancang dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari beberapa siklus plan do dan see LS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 sebanyak 33 siswa. Data dikumpulkan melalui pemberian angket observasi dokumentasi dan tes tulis. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran strategi pembelajaran aktif CI berbasis LS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa (1) berdasarkan angket motivasi belajar siswa meningkat sebanyak 5.5% dari 71.9% pada siklus I menjadi 77.4% pada siklus II dan berdasarkan observasi motivasi belajar siswa meningkat sebanyak 8.7% dari 59.6% pada siklus I menjadi 68.3% pada siklus II (2) hasil belajar siswa meningkat sebanyak 10 poin dari 79.2 pada siklus I menjadi 89.2 pada siklus II dan (3) siswa berpendapat bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif CI membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bermakna mempermudah siswa memahami dan mengingat materi meningkatkan kemampuan analisis dan menambah pengetahuan siswa. Strategi pembelajaran aktif CI dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24970

Actions (login required)

View Item View Item