Pengembangan modul sistem peredaran darah dengan inkuiri terbimbing berbasis blended learning untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Suci Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sistem peredaran darah dengan inkuiri terbimbing berbasis blended learning untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Suci Susanti

Susanti, Suci (2014) Pengembangan modul sistem peredaran darah dengan inkuiri terbimbing berbasis blended learning untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Suci Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanti Suci. 2014. Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah dengan Inkuiri Terbimbing berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Modul inkuri terbimbing blended learning keterampilan metakognitif dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif merupakan salah satu ciri pendidikan yang berkualitas.Salah satu pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah inkuiri terbimbing. Keterampilan metakognitif berkorelasi dengan hasil belajar siswa. Kelemahan pelaksanaan inkuiri terbimbing siswa belum mempunyai persiapan ketika dimulai untuk berinkuiri terbimbing dan membutuhkan waktu yang banyak. Salah satu materi yang kekurangan waktu adalah sistem peredaran darah materi ini terdapat pada akhir semester I kelas XI. Pembelajaran inkuiri terbimbing membutuhkan suatu buku pedoman yang akan membimbing siswa untuk berinkuiri namun tetap memperhatikan efisiensi waktu. Modul yang dikembangkan yaitu modul sistem peredaran darah dengan inkuiri terbimbing berbasis blended learning. 12288 12288 12288 12288 Modul yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Tahap pertama define yaitu menganalis permasalahan serta kebutuhan yang diperlukan dengan sebelum penyusunan draft modul. Tahap kedua design yaitu merumuskan rancangan pembelajaran dan perangkat sehingga diperoleh garis besar/draf awal pembelajaran. Tahap ketiga develop yaitu melakukan pengembangan dan penulisan modul validasi modul uji coba produk revisi dan dihasilkan produk akhir hasil pengembangan modul. Tahap keempat disseminate yaitu melakukan penyebar luasan produk yang telah dikembangkan dan telah dinyatakan valid. Modul divalidasi oleh ahli pendidikan ahli lapangan ahli materi ahli media dan siswa. Hasil validasi modul oleh ahli pendidikan 2 85 oleh ahli lapangan 2 83 oleh ahli materi 2 45 oleh media 2 65 dan oleh siswa 2 56. Pada tahap validation testing digunakan di kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk melihat pengaruh modul terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar. Tahap validation testing menggunakan one group pretest-postest design. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa modul yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Kelebihan modul yang dikembangkan yaitu sebagai berikut 1) modul disertai dengan link video pada website yang berisi tentang kegiatan praktikum sesuai kurikulum 2013 2) modul disertai dengan video yang link pada website yang berisi tentang penggunaan alat praktikum yang akan digunakan pada kelas tatap muka sehingga siswa sudah siap ketika melakukan kegiatan praktikum di kelas 3) modul ini bisa online melalui chatting untuk menambah pemahaman siswa. Kekurangan modul yang dikembangkan yaitu materi yang disajikan dalam modul masih terbatas pada materi sistem peredaran darah. 12288 12288 12288 12288 Saran untuk pemanfaatan sebaiknya pada kegiatan online seharusnya dilakukan kegiatan presensi yang jelas di setiap pertemuan sehingga membuat keseluruhan siswa berpartisipasi aktif. Saran diseminasi yaitu adanya dukungan fasilitas dimanapun sehingga mendukung pembelajaran menggunakan modul yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24968

Actions (login required)

View Item View Item