Implementasi onkuiri terbimbing berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Brawijaya Smart School Malang / Ardiani Samti Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi onkuiri terbimbing berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Brawijaya Smart School Malang / Ardiani Samti Nur Azizah

Azizah, Ardiani Samti Nur (2014) Implementasi onkuiri terbimbing berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Brawijaya Smart School Malang / Ardiani Samti Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azizah Ardiani Samti N. 2014. Implementasi Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 4 SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Ir. Nugrahaningsih MP. Kata Kunci Pembelajaran inkuiri terbimbing lesson study kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor respon siswa SMA BSS Malang Hasil observasi dengan pemberian angket kepada siswa dan wawancara dengan guru Biologi kelas X SMA BSS Malang didapatkan bahwa pembelajaran yang selama ini berlangsung belum memberikan pengalaman belajar yang nyata kepada siswa dan bentuk soal ujian yang diberikan kepada siswa belum variatif. Pembelajaran melalui inkuiri terbimbing dinilai dapat memberikan pengalaman belajar yang nyata kepada siswa. Siswa dapat memperoleh konsep dengan pengalamannya sendiri dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 5 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 semester genap tahun ajaran 2013/2014 SMA BSS Malang. Data kemampuan berpikir kritis berupa skor yang diperoleh dari rubrik kemampuan berpikir kritis. Hasil belajar terdiri atas hasil belajar kognitif berupa tes hasil belajar hasil belajar afektif dengan pengamatan sikap siswa dan hasil belajar psikomotor berupa kinerja siswa saat pratikum Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan berpikir kritis siswa tiap indikatornya mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu merumuskan masalah dari 48 menjadi 64 indikator memberikan argumen dari 46 menjadi 63 indikator melakukan deduksi dari 44 menjadi 59 indikator melakukan induksi dari 48 menjadi 64 indikator melakukan evaluasi dari 56 menjadi 69 dan indikator melaksanakan/memutuskan tindakan dari 45 menjadi 64. 2) hasil belajar kognitif siswa dari 66 75 menjadi 76 36. 3) hasil belajar afektif siswa dari 60 99 menjadi 78 83.4) hasil belajar psikomotor siswa dari 71 24 menjadi 87 78. 5) Sebanyak 95% siswa senang dengan pembelajaran inkuiri terbimbing karena siswa lebih mengerti langsung objek yang diamati dan dipelajari oleh siswa sendiri. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) Pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. (2) Pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. (3) Respon siswa positif terhadap pembelajaran dengan inkuiri terbimbing. Saran dari penelitian ini adalah (1) Guru diharapkan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa. (2) Guru diharapkan memperhatikan pengalaman belajar apa yang ingin diberikan kepada siswa agar siswa dapat menerapkan konsep-konsep biologi yang dipelajarinya di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24966

Actions (login required)

View Item View Item