Analisis kesesuaian petunjuk praktikum biologi kelas VIII SMP Se-kota Malang berdasarkan metode inkuiri terbimbing / Ma'firotul Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian petunjuk praktikum biologi kelas VIII SMP Se-kota Malang berdasarkan metode inkuiri terbimbing / Ma'firotul Fitriana

Fitriana, Ma'firotul (2014) Analisis kesesuaian petunjuk praktikum biologi kelas VIII SMP Se-kota Malang berdasarkan metode inkuiri terbimbing / Ma'firotul Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriana Ma firotul. 2014. Analisis Kesesuaian Petunjuk Praktikum Biologi Kelas VIII SMP Se-Kota Malang Berdasarkan Metode Inkuiri Terbimbing. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata Kunci analisis petunjuk praktikum inkuiri terbimbing. Pembelajaran biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) yang tidak dapat terlepas dari kegiatan praktikum. Pelaksanaan kegiatan praktikum perlu adanya petunjuk praktikum guna membantu guru mempersiapkan kegiatan praktikum yang akan dilakukan dan membantu siswa melaksanakan praktikum sehingga siswa menjadi lebih aktif dan dapat mengembangkan kemampuan mencari tahu (inkuiri) dengan mengacu pada metode inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian Petunjuk Praktikum Biologi kelas VIII dengan komponen petunjuk praktikum yang sesuai dengan inkuiri terbimbing dan mengetahui persentase topik praktikum biologi kelas VIII yang dilakukan di SMP se-kota Malang berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Petunjuk Praktikum Biologi kelas VIII yang digunakan di SMP se-kota Malang sesuai dengan metode inkuiri terbimbing dengan persentase kesesuaian sebesar 71 52%. Persentase praktikum biologi kelas VIII yang dilakukan di SMP se-kota Malang adalah 40% termasuk kriteria tidak baik berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah Petunjuk Praktikum Biologi yang digunakan hendaknya diperbaiki dan disempurnakan lagi mengacu pada metode inkuiri terbimbing sesuai dengan penerapan kurikulum 2013 yang disusun dalam bentuk satu buku petunjuk praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item View Item