Penerapan pembelajaran Guided Inquiry dipadu Make A Match berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Irma Dwi Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Guided Inquiry dipadu Make A Match berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Irma Dwi Jayanti

Jayanti, Irma Dwi (2014) Penerapan pembelajaran Guided Inquiry dipadu Make A Match berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Irma Dwi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry dipadu Make a Match Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci guided inquiry make a match lesson study hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran guided inquiry yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 telah diterapkan di SMA Negeri 8 Malang tetapi berdasarkan dokumentasi hasil belajar Biologi siswa kelas X MIPA 5 masih belum maksimal karena hanya 3 siswa yang mendapatkan nilai 3.66 (A) dan sebagian besar mendapatkan nilai 3.00-3.33. Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi kelas X MIPA 5 diketahui bahwa siswa kelas X MIPA 5 tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran Biologi padahal Kurikulum 2013 menuntut adanya lulusan yang memiliki kemampuan komunikasi pengetahuan keterampilan dan sikap yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 6 pertemuan dengan alokasi waktu 405 menit dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan dengan alokasi waktu 150 menit karena adanya try out di sekolah selama siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara penugasan observasi tes tertulis catatan lapangan dokumentasi hasil dan proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keterlaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan selama penelitian. Hasil belajar ranah kognitif meningkat dengan adanya penambahan 2 siswa yang mendapatkan A dan 11 siswa yang mendapatkan B setelah pembelajaran siklus II. Hasil belajar ranah afektif meningkat dengan adanya penambahan 15 siswa yang memiliki predikat sikap sangat baik pada pembelajaran selama siklus II. Hasil belajar ranah psikomotor meningkat dengan penambahan 14 siswa mendapatkan A- dan 15 siswa mendapatkan B . Keberhasilan tindakan juga meningkat sebesar 9% setelah pembelajaran siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat sebesar 26% setelah pembelajaran siklus II. Peningkatan yang terjadi selama siklus II merupakan salah satu bentuk manfaat yang didapatkan dari pelaksanaan Lesson study secara maksimal selama siklus II. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pembelajaran yang diterapkan dapat digunakan sebagai salah satu variasi model pembelajaran bagi guru Biologi. Pembelajaran ini dapat diterapkan dengan memilih materi yang memiliki alokasi waktu lama karena pembelajaran ini membutuhkan waktu lama. Pembelajaran ini dapat diterapkan dengan menggunakan sarana dan prasarana lain seperti papan tulis dan LCD untuk mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24961

Actions (login required)

View Item View Item