Studi tentang kondisi dan penggunaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Jawa Timur / Miftahus Sholekha - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kondisi dan penggunaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Jawa Timur / Miftahus Sholekha

Sholekha, Miftahus (2014) Studi tentang kondisi dan penggunaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Jawa Timur / Miftahus Sholekha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sholekha Miftahus. 2014. Studi Tentang Kondisi Dan Penggunaan Laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di SMP Negeri Se- Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd. (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata kunci kondisi laboratorium IPA penggunaan laboratorium IPA 12288 12288 12288 12288 Peningkatan mutu pendidikan penting untuk dilakukan karena pendidikan merupakan investasi yang paling berharga dalam bentuk peningkatan kualitas sumber daya insani untuk pembangunan suatu bangsa. Mutu pendidikan juga dipengaruhi oleh aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa baik di dalam kelas di laboratorium di bengkel kerja dan di kancah belajar lainnya yang terwujud dalam bentuk hasil belajar nyata yang dicapai oleh peserta didik. Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 memuat tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah sebuah SMP/MTs sekurang-kurangnya harus memiliki prasarana yang salah satunya adalah ruang laboratorium IPA. Keberadaan laboratorium secara teoritis diharapkan mampu menunjang kegiatan belajar yang berpusat pada pengembangan keterampilan tertentu antara lain keterampilan proses keterampilan motorik dan pembentukan sikap ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi laboratorium IPA SMP di SMP Negeri Se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang ditinjau dari Permendiknas No 24 tahun 2007 dan mengetahui penggunaan laboratorium IPA SMP di SMP Negeri Se Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang ditinjau dari kesesuaian dengan Kompetensi Dasar sesuai dengan satuan pendidikan. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Kondisi laboratorium diketahui dengan cara mengobservasi laboratorium menggunakan rubrik penilaian laboratorium sedangkan untuk mengetahui penggunaan laboratorium ditinjau berdasarkan kesesuaian pelaksanaan praktikum kompetensi dasar yang pencapaiannya memerlukan percobaan dan pengamatan. Pemetaan kompetensi dasar yang memerlukan praktikum dilakukan sebelum mengetahui berapa persentase penggunaan laboratorium yang ada di SMP Negeri Se- Kecamatan Pasirian. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi laboratorium IPA SMP Negeri Se- Kecematan Pasirian Kabupaten Lumajang memiliki kriteria kondisi sangat baik dengan nilai 82 2 %. (2) Penggunaan laboratorium IPA SMP Negeri Se- Kecematan Pasirian Kabupaten Lumajang memiliki kriteria kondisi cukup baik dengan nilai 62 93 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item View Item