Pemanfaatan taman sekolah dalam pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN I Malang / Anisa Meida Silvia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan taman sekolah dalam pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN I Malang / Anisa Meida Silvia

Silvia, Anisa Meida (2014) Pemanfaatan taman sekolah dalam pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN I Malang / Anisa Meida Silvia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Silvia Anisa Meida. 2014. Pemanfaatan Taman Sekolah dalam Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN I Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M. Pd (II) Dr. Hj. Dahlia M.S Kata Kunci Taman Sekolah Group Investigation Hasil Belajar Biologi Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan dengan mewawancarai beberapa siswa kelas XC MAN I Malang sebagian besar siswa menyatakan bahwa pelajaran Biologi merupakan pelajaran yang abstrak dan menghafal. Hal itu dikarenakan guru mata pelajaran Biologi hanya mengajar menggunakan model ceramah diskusi kajian literatur dan tanya jawab tanpa memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan observasi di lingkungan sekitar. Kegiatan pembelajaran selama ini cenderung dilakukan di dalam kelas. Sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan ilmu Biologi yang mereka peroleh bersifat konseptual. Hal ini berdampak pada nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa kelas XC MAN I Malang dengan jumlah siswa yang tuntas hanya sekitar 56 34%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan taman sekolah dalam pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X MAN I Malang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN I Malang sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XC untuk kelas eksperimen dan kelas XB untuk kelas kontrol.Pada penelitian ini terdapat 3 kali ulangan (Tumbuhan Paku Tumbuhan Biji Terbuka dan Tumbuhan Biji Tertutup). Instrumen yang digunakan adalah soal pre test dan post test lembar observasi ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan statistik anakova menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan taman sekolah dalam pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X MAN I Malang yang meliputi ranah kognitif afektif dan psikomotor. Berdasarkan pembahasan disarankan agar taman sekolah di MAN I Malang perlu dilengkapi agar dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran Biologi. Selain itu pembagian tugas pada saat kegiatan presentasi harus lebih diperhatikan agar setiap siswa dapat lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya dan memiliki peran pada saat kegiatan presentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24958

Actions (login required)

View Item View Item